Kuras Rp212 Juta, Forpi: Anggaran Pelantikan DPRD Sleman Terlalu Boros

Gedung DPRD Sleman. - JIBI/Harian Jogja
05 Agustus 2019 19:57 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Forum Pemantau Independen (Forpi) Sleman menilai, anggaran yang digunakan untuk pelantikan anggota DPRD Sleman periode 2019-2024 pada 12 Agustus mendatang dengan nilai sekitar Rp212 juta terlalu boros.

“Saya kira pelantikan itu kan yang penting substansinya, yang penting dilantik dan sumpah janji anggota DPRD, jangan pestanya yang ditonjolkan,” kata Anggota Forpi Sleman Hempri Suyatna, Senin (5/8/2019).

Menurut Hempri, anggaran yang digunakan tersebut terlalu boros, dengan menggelar pelantikan yang tidak mewah, kata dia, bisa sebagai bagian memberikan teladan pada rakyat untuk hidup sederhana, selain itu juga sebagai bagian untuk menanamkan empati.

“Karena selama ini kan yang kurang dari elite politik itu rasa empati dan keberpihakan terhadap rakyat.

Pelantikan yang dibuat mewah juga tidak menjamin kualitas dewan yang baik,” ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan, dengan pelantikan yang sederhana, paling tidak bisa menjadi awal perkenalan bahwa anggota DPRD yang terpilih tersebut adalah wakil rakyat yang harus selalu ingat kepentingan rakyat.

“Dana yang ada tersebut bisa dialokasikan untuk program-program kesejahteraan rakyat,” ucap dia.

Hempri berharap, para anggota Dewan yang dilantik nanti harus berkomitmen terhadap janji- janjinya, sebab, ada banyak pekerjaan rumah di Sleman yang harus dikerjakan.

“Dari soal angka ketimpangan, penataan toko modern, perlindungan kawasan pertanian, pengelolaan potensi wisata dan UMKM. Termasuk berbagai masalah sosial seiring dengan perkembangan kota,” ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman telah menganggarkan Rp212 juta untuk pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024. Rencananya pelantikan 50 orang anggota dewan akan dilaksanakan pada 12 Agustus mendatang.

Sekretaris DPRD Kabupaten Sleman Fransisca Retno Wisudawati mengatakan, karena gedung DPRD Kabupaten Sleman sedang dalam tahap renovasi, pelantik akan digelar di Pendopo Parasamya Kantor Bupati Sleman.

“Pelantikan akan digelar pada Senin (12/8), dimulai sekitar pukul 10.00 WIB,” kata dia

Ia mengatakan, pihaknya telah menganggarkan Rp212 juta untuk pelantikan anggota dewan baru. Anggaran tersebut, akan digunakan untuk keperluan mulai dari sewa tenda, katering, serta sarana dan prasarana lainnya. “Jadi Pendopo Parasamya akan dibuat seperti tempat rapat paripurna,” ujar dia.

Rencananya, kata dia, pelantikan tersebut akan dihadiri sekitar 580 tamu undangan, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, perwakilan partai politik peserta pemilu, hingga keluarga anggota dewan, baik anggota dewan yang lama maupun yang baru.