Almarhum Budi Setyagraha Terima Penghargaan

Istri Budi Setyagraha, Li Siu Fen (tiga dari kanan) menerima penghargaan untuk Budi dari Kebangpol DIY, Jumat (12/7)./ Ist. -
08 Agustus 2019 10:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY, memberikan penghargaan pada Almarhum Budi Setyagraha/ Huang Rhen Zhong untuk peranan positif selama memimpin Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). 

Rekan almarhum yang juga Ketua I Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) dan anggota FPK, Jimmy Sutanto mengatakan penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kesbangpol DIY, Agung Supriyono, beserta jajarannya dan diterima oleh istri Almarhum, Li Siu Fen, didampingi sang putera Yudistira, Ketua Paguyuban Warga Tionghoa Yogyakarta Bhakti Putera, Muwardi Gunawan dan Jimmy , di Dusun Kajor, Sleman, Jumat (12/7).

Jimmy mengatakan penghargaan itu atas peranan positif Budi selama memimpin FPK sejak menjabat ketua 2010-2015 dan periode kedua pada 2015 hingga akhir hayatnya pada 1 Agustus 2018.

Dikatakannya, keluarga dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) DIY, mengadakan doa bersama satu tahun meninggalnya almarhum, yang diadakan di ruang toko ABC, Ring Road Selatan, pada Sabtu (27/7).

Jimmy mengenang salah satu tokoh Tionghoa yang merupakan rekannya hingga lulus di SMA Tionghoa, Ngupasan 1964, adalah sosok yang baik hati. “Beliau mau kerja keras, murah hati bantu pengembangan pengusaha kecil, bantu biaya pendidikan,” kata Jimmy, Rabu (7/8).

Diceritakan Jimmy, semasa masih sekolah Budi sudah sudah mengemudikan sendiri pikap tua untuk membantu berjualan keliling arak putih buatan pabrik keluarganya. Budi cukup awal masuk Islam sebagai ketua PITI Jogja, dan pernah menjabat Sekjen PITI Pusat. Sering menjadi pembicara dakwah di berbagai masjid. “Peranannya penting dalam membangun saling pengertian antara warga Tionghoa dan masyarakat Islam,” ujarnya.

Selain itu Budi juga dikenal pelopor terjun ke politik, dengan ikut mendukung kelahiran PAN. Pernah menjabat bendahara partai wilayah DIY, dan menjabat anggota DPRD DIY 1996-2000.