Jelang Iduladha, Harga Sapi di Kulonprogo Naik Rp3 Juta Per Ekor

Suasana Supermarket Sapi di Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Rabu (7/8/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
08 Agustus 2019 03:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Menjelang Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah yang jatuh pada 11 Agustus 2019, harga hewan kurban khususnya sapi di tingkat pedagang di Kabupaten Kulonprogo naik.

Salah satu pedagang sapi di Kecamatan Sentolo, Pardi mengungkapkan saat ini harga sapi ukuran sedang dengan berat daging kurang dari 100 kg berkisar Rp18 juta hingga Rp20 juta. Harga ini naik sekitar Rp2 juta dibandingkan hari-hari biasa yang berkisar Rp16 juta hingga Rp18 juta.

Sementara untuk sapi dengan berat satu kuintal hingga 1,5 kuintal harga yang dipatoknya berkisar Rp22 juta hingga Rp25 juta. Harga ini juga naik sekitar Rp3 juta dari harga semula Rp19 juta hingga Rp22 juta per ekor.

Pardi mengatakan kenaikan ini sudah terjadi sejak Juli 2019. Penyebabnya peternak menjual sapi dengan harga lebih tinggi kepada pedagang. Sapi-sapi tersebut diperolehnya dari peternak asal Kulonprogo, Gunungkidul dan Madura, Jawa Timur.

"Karena peternak menaikan harga, maka kami juga menaikan harga biar tetap dapat untung," kata dia, Rabu (7/9/2019).

Pardi mengatakan dampak dari kenaikan harga ini membuat tingkat penjualan sapi miliknya turun hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu. Hingga saat ini dirinya hanya mampu menjual 15 ekor. Sementara pada 2018, di rentang waktu yang sama, Pardi bisa menjual hingga lebih dari 30 ekor.

Kenaikan harga juga terjadi di tingkat pengepul, salah satunya di Supermarket Market Sapi, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo. Namun meski sama-sama diambil dari peternak di Gunungkidul dan sekitarnya, kenaikan harga di sini lebih kecil, yakni berkisar Rp1 juta sampai Rp2 juta.

"Memang ada kenaikan dibandingkan tahun lalu, ya kisarannya sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta," kata pemilik Supermarket Sapi, Olan Suparlan.

Meski begitu, Olan menyatakan tingkat penjualan sapi di supermarket miliknya saat mendekati Hari Raya Iduladha 2019 tetap tinggi. Bahkan terjadi peningkatan hingga 50 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Sejak Juli kemarin, Supermarket Sapi ini sudah menjual 50 ekor sapi. Semakin mendekati hari raya kurban, jumlahnya juga semakin meningkat. Adapun saat ini Olan mampu menjual hingga 10 ekor sapi per hari.

"Sejak satu bulan terakhir kami sudah menyetok sekitar 170 ekor sapi, rata-rata konsumen membeli yang kisaran harga Rp21 juta sampai Rp23 juta," jelasnya.