Peringkat UII Jogja Melejit

Rektor UII Fathul Wahid - UII
18 Agustus 2019 06:37 WIB Uli Febriarni Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Peringkat Universitas Islam Indonesia (UII) di tingkat nasional, naik 12 peringkat. Dari yang sebelumnya berada pada posisi 29 pada klasterisasi 2018, kini menjadi posisi 17 dari 2.141 universitas di Indonesia.

Rektor UII, Fathul Wahid menjelaskan, posisi terbaru tersebut menempatkan UII pada klaster 2, bersama-sama dengan Universitas Telkom (posisi 14) dan Universitas Bina Nusantara (20).

"Kami patut bersyukur, pekerjaan rumah yang dijalankan secara kolektif di UII, diapresiasi oleh Kemenristekdikti. Serta PTS di LLDikti V Jogja juga maju bersama," ujarnya, Sabtu (17/8/2019).

Fathul menyebutkan, PTS lain di Jogja yang masuk dalam klasterisasi 100 besar nasional adalah UAJY (30), UMY (35), UAD (37), USD (39), UKDW (71).

Menurut dia, di masa kekinian, bagi sebuah PTS bergerak maju tidaklah cukup. Ke depan, PTS termasuk UII perlu meningkatkan percepatan.

Ia menambahkan, pengumuman kenaikan peringkat klasterisasi 2019 perguruan tinggi (PT) nasional itu, disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Jakarta, pada Jumat (16/8).

Klasterisasi PT dilakukan bertujuan untuk memetakan perguruan tinggi nasional, di bawah Kemenristekdikti dan memberi pijakan pengambilan kebijakan di masing-masing perguruan tinggi.

Ada beberapa hal yang berbeda dengan klasterisasi 2018, misalnya adanya sejumlah indikator baru dimasukkan dalam penilaian, selain itu ada kelompok PT non-vokasi dan PT vokasi.

Klasterisasi pada 2019 didasarkan pada empat kelompok indikator, antara lain input, proses, output, dan outcome. Pengukuran outcome sendiri menggunakan indikator cacah inovasi, paten, sitasi per dosen. Klasterisasi tidak membedakan antara PTN dan PTS. Kendati demikian, PTN BH masih mendominasi 13 daftar PT yang ada di klaster 1.