Ini Dia Wakapolda DIY yang Baru

Ilustrasi serah terima jabatan anggota Polri. - Harian Jogja
23 Agustus 2019 13:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kepolisian Daerah (Polda) DIY resmi memiliki wakil kepala Polda (Wakapolda) baru, yakni Brigjen Pol Karyoto yang menggantikan Wakapolda DIY sebelumnya, Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno.

Sebagai catatan, sebelum dilantik jadi Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto tercatat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara. Adapun Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno kini bersiap menempati posisi baru sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya.

Brigjen Karyoto adalah perwira tinggi Polri jebolan Akpol angkatan 1990. Sebelum jadi Wakapolda Sulawesi Utara, Brigjen Karyoto pernah menjabat sebagai Kapolres Barelang, Kepulauan Riau.

Nama Brigjen Pol Karyoto sebenarnya sudah tak asing bagi jajaran kepolisian di DIY. Pasalnya, sekitar 2014, dia pernah tercatat sebagai Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda DIY.

“Brigjen Bimo sudah mendekati masa pensiun dan beliau juga mendapat promosi bintang dua. Naik pangkat dan jabatan baru sebagai staf ahli kapolri,” kata Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri seusai memimpin upacara serah terima jabatan Wakapolda DIY di Aula Gedung Serba Guna Mapolda DIY, Jumat (23/8/2019).

Serah terima jabatan tersebut, kata Kapolda, mengacu pada telegram keputusan Kapolri Jenderal Tito Karnavian nomor: KEP/1425 /VIII/2019 tanggal 2 Agustus 2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. 

“Saat di Ditreskrimum [Polda DIY],  kinerjanya pada saat itu baik. Saya tahu betul karena waktu itu saya sebagai Wakapolda. Semoga kehadiran beliau bisa semakin meningkatkan kinerja Polda DIY,” ucap dia.

Peran seorang Wakapolda, kata Dofiri, sangat penting karena berkaitan dalam pengelolaan sumber daya manusia. “Wakapolda itu sebagai yang memimpin terkait mutasi, promosi anggota, internal dan eksternal juga penting,“ kata dia.