Advertisement

Jumlah Penerima Banpol di Sleman Berkurang

Yogi Anugrah
Selasa, 27 Agustus 2019 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Jumlah Penerima Banpol di Sleman Berkurang Ilustrasi logo parpol

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jumlah partai politik (parpol) penerima dana bantuan politik (Banpol) di Sleman pada periode 2019-2024 berkurang dari periode sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan berkurangnya parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbang) Sleman Indra Darmawan mengatakan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, partai setingkat kabupaten yang mendapatkan Banpol adalah partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten. Berdasarkan hasil Pemilu 2019, Partai Demokrat tidak lagi mendapat dana lantaran kehilangan kursi di DPRD Kabupaten periode 2019-2024.

Advertisement

“Untuk Demokrat dapat banpol dengan perhitungan sampai Agustus lalu, karena masih menggunakan perolehan suara Pemilu 2014. Kemudian mulai September hingga tahun seterusnya pakai perolehan suara pada Pemilu 2019,” kata Indra kepada Harianjogja,com, Selasa (27/8/2019).

Lantaran masih dalam masa transisi, pencairan dana banpol dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yakni Januari-Agustus, dan tahap kedua yakni September-Desember. “Tahap pertama sudah dicairkan pada Juli lalu, dengan total Rp968 juta berdasarkan perolehan suara 2014. Untuk periode kedua, kami masih menunggu dari KPU terkait dengan total suara yang diperoleh partai,” ucap dia.

Nantinya, kata dia, per suara yang diperoleh partai pada pemilu 2019 mendapatkan Rp3.500. Jumlah ini mengalami kenaikan dari awal Rp1.777 per suara, setelah adanya surat dari Gubernur DIY yang menyetujui kenaikan. “Menurut peraturan, dana banpol utamanya untuk pendidikan politik di dalam partai maupun masyarakatnya. Bisa juga dipakai untuk biaya sekretariat. Tapi kecil perbandingannya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement