PLN Bantu 100 Tangki Air Bersih di Gunungkidul

Penyerangan bantuan air bersih oleh PLN di Gunungkidul.
29 Agustus 2019 11:47 WIB Sunartono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3 )Yogyakarta melalui program PLN PEDULI siap memberikan bantuan sebanyak 100 tangki air bersih untuk sejumlah daerah yang dilanda kekeringan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Bantuan air bersih dengan kapasitas masing masing 5.000 liter per tangki dibagikan dengan koordinasi bersama BPBD Gunungkidul.

Lokasi penyerahan bantuan di sejumlah dukuh yang berada di Kecamatan Girisobo dan Rongkop , meliputi desa Tileng, Semugih dan Pringombo

Menurut Pranawa, Manajer Unit Layanan Pelanggan Wonosari, untuk lokasi penyaluran bantuan air bersih dari PLN beserta jadwalnya ditentukan oleh BPBD. Dalam hal ini, BPBD Gunungkidul yang memiliki data pemetaan daerah krisis air bersih, beserta peta medan yang ditempuh.

"BPBD Gunungkidul juga mencari sumber mata air permanen untuk sumur bor, sehingga mata rantai kekeringan bisa dipangkas," ungkapnya dalam rilisnya kepada Harianjogja.com, Kamis (29/8/2019).

Pranawa menjelaskan, PLN terus berkomitnen untuk bisa berkontribusi dalam membantu masyarakat yang memang sedang kesulitan air bersih. Apalagi, air merupakan sumber kehidupan utama.

"Ke depan, kami berharap dari BPBD dapat menemukan sumber air, sehingga kita dapat memberikan bantuan secara optimal. Dan PLN sendiri siap untuk membangun jaringan listrik guna optimalisasi pompa sumur tersebut," jelasnya.

Pemberian air bersih tersebut diterima oleh Wakil Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul Immawan Wahyudi yang selanjutnya secara simbolis diserahkan kepada warga desa Tileng.” Kami sangat mengapresiasi bantuan dari PLN ini . Semoga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga“ ungkapnya

Salah seorang warga , Jumiran menyatakan terimakasihnya atas bantuan air bersih dari PLN.  "Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa air bersih yang sangat dibutuhkan," ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala BPBD Gunungkidul, Edi Basuki. Pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dari PLN . Saat ini masih banyak desa di Kabupaten Gunung Kidul yang mengalami kesulitan air bersih. Daerah yang mendapatkan bantuan dari PLN adalah daerah yang mengalami kekeringan dan belum terjangkau PDAM.