Jumlah Warga Penerima Beasiswa di Kota Jogja Diupayakan Bertambah

Ilustrasi Siswa SMP Negeri 1 Jogja mengikuti edukasi rawat ginjal di aula sekolah setempat. - Harian Jogja/Yogi Anugrah
01 September 2019 09:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—DPRD Kota Jogja mendorong bertambahnya jumlah penerima manfaat anggaran pendidikan atau beasiswa bagi warga terus bertambah. Sehingga masyarakat Kota Jogja terutama dari kalangan kurang mampu bisa mendapatkan layanan pendidikan yang lebih baik.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Jogja Indaruwanto Eko Cahyono menjelaskan, sebagai pendatang baru di DPRD Kota Jogja, pihaknya akan berusaha memperjuangkan aspirasi masyarakat. Salah satunya yang menjadi fokusnya adalah terkait pendidikan di Kota Jogja.

“Karena Jogja ini kan kota pelajar, jadi pendidikannya harus bisa dipertahankan menjadi lebih baik,” terangnya, Minggu (1/9/2019).

Salah satu yang menjadi sorotannya yaotu terkait jumlah penerima manfaat anggaran pendidikan atau beasiswa. Penerima manfaat ini di Kota Jogja salah satunya warga kurang mampu sebagai peserta Kartu Menuju Sejahtera (KMS) yang bisa digunakan untuk membiaya pendidikan terutama siswa SD dan SMP. Program seperti ini harus lebih merata dan tepat sasaran, sehingga warga kurang mampu tak memiliki kendala lagi dalam menuntaskan pendidikan di level dasar dan menengah.

“Jumlah penerima manfaat anggaran pendidikan atau beasiswa ini dari tahun ke tahun harus terus meningkat, sehingga masyarakat kurang mampu bisa mendapatkan akses pendidikan yang layak,” ujarnya.

Ndaru mengatakan sebagai pendatang baru di DPRD Kota Jogja, ia memiliki ketertarikan terhadap isu pendidikan di Kota Jogja. Sebenarnya ia lebih memilih bergelut di Komisi D yang secara khusus membidangi pendidikan, tetapi partainya menempatkan dia di Komisi C atau urusan infrastruktur.

“Sebagai kader partai saya harus siap ditempatkan di mana pun, meski pun di Komisi C saya tetap akan berusaha memperjuangkan layanan pendidikan lebih baik, tentu dengan format yang lebih umum,” kata Ketua Pengurus Pusat Barisan Muda (PP BM) PAN ini.

Indaruwanto merupakan anggota DPRD Kota Jogja periode 2019-2024, yang dalam Pemilu 2019 bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kota Jogja dengan meraih 3.819 suara. Ia termasuk peraih suara tertinggi kedua dari 40 anggota DPRD Kota Jogja yang sudah dilantik. Adapun komposisi DPRD Kota Jogja yaitu PDIP dengan 13 kursi, PAN enam kursi, Gerindra lima kursi, PKS lima kursi, Golkar empat kursi, NasDem empat kursi, Demokrat dua kursi dan PPP memiliki satu kursi.

“Ini amanah dari masyarakat yang harus saya jalankan dengan baik,” kata pria kelahiran 23 September 1984 ini.