Disnaker Sleman-Sanata Dharma Gelar Job Fair, 2.215 lowongan kerja Disediakan

Ilustrasi Job fair. - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak
07 September 2019 07:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma (USD) bakal menggelar Job Fair The Path Of Future 2019. Dalam acara yang digelar di Aula Kampus 1 USD Mrican, Sabtu (7/9/2019) dan Minggu (8/9/2019) tersebut, sebanyak 2.215 lowongan kerja dari 40 perusahaan bakal disiapkan.

Kepala Disnaker Sleman, Sutiasih mengatakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tersebut adalah salah satu upaya untuk terus menekan angka pengangguran, khususnya di Kabupaten Sleman. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kata dia, tahun lalu, tingkat pengangguran kota sebesar 4,4% yang didominasi oleh lulusan SMA/SMK.

“Oleh karena itu, kami berharap agar kesempatan ini [job fair] dimanfaatkan oleh masyarakat, jangan pasif, ayo aktif mencari kesempatan. Kami juga sudah sosialisasi mengenai job fair ini,” kata Sutiasih kepada Harian Jogja, Jumat (6/9/2019).

Dalam job fair tersebut, imbuh dia, juga tersedia lowongan pekerjaan bagi kalangan difabel. Sutiasih menjelaskan, berdasarkan peraturan yang ada, setiap 100 tenaga kerja di perusahaan, diharapkan ada satu penyandang disabilitas. “Jadi aksesnya sudah terbuka. Setiap perusahaan juga pasti sudah memiliki kriteria masing-masing,” ucap dia.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Disnaker Sleman, Siti Istiqomah menambahkan beberapa perusahaan yang menyediakan lowongan kerja pada job fair ini antara lain, Bank Mega, Ace Hardware, Alfamidi, Citranet, Prime Plaza Hotel, Mandala Finance, dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Dia mengatakan untuk para peserta job fair tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum, untuk mendaftar, para peserta  bisa melakukan pendaftaran online melalui e-bursakerja.kemnaker.go.id. “Pendaftaran dilakukan lewat online agar lebih mudah, bisa diakses lewat ponsel. Job fair dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB selama dua hari tersebut,” ujar dia.