Bappenas Setujui Anggaran Rp10 Miliar untuk Gedung Perpustakaan Gunungkidul

Perpustakaan di DIY - Ilustrasi
08 September 2019 20:37 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyetujui proposal anggaran Rp10 miliar yang diajukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Gunungkidul. Anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) untuk diproyeksikan untuk membangun gedung perpustakaan baru.

Kepala Dispusip Gunungkidul, Ali Ridlo, mengatakan jajarannya menggelar sinkronasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Bappenas di Jakarta, Rabu (11/9/2019). "Usulan kami diterima sehingga kami harus datang ke Jakarta untuk mendiskusikannya," ucap Ali Ridlo, Jumat (6/9/2019).

Ali Ridlo menjelaskan pengajuan anggaran disetujui lantaran Dispusip Gunungkidul dinilai berhasil memanfaatkan perpustakaan yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Perpustakaan di Bumi Handayani telah bertransformasi menjadi perpustakaan layanan berbasis inklusi sosial.

Menurutnya, gedung perpustakaan yang baru nantinya berlokasi di bekas tempat parkir mobil pemadam kebakaran yakni di sebelah barat Kantor Disdukcapil Gunungkidul. Sesuai rencana gedung yang bakal dibangun terdiri dari empat lantai, dengan lantai dasar difungsikan sebagai basement. "Pada Januari 2020 proses pembangunan harus dimulai yakni tahap lelang," ujarnya.