Ini Jumlah Bonus Bagi Atlet Bantul yang Berlaga di Porda DIY ke-XV

Ilustrasi olahraga kempo - Ist/shorinjikempo.org.in
12 September 2019 13:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul menyambut baik penghargaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bantul terhadap para atlet yang berlaga di ajang Pekan Olahraga Daerah atau Porda DIY ke-XV ini.

Ketua Umum KONI Bantul Subandrio mengatakan nominal bonus atlet yang disebutkan Disdikpora Bantul itu sesuai dengan diusulkan KONI Bantul sebesar Rp15 juta untuk peraih medali emas perorangan dalam APBD Perubahan Bantul.

Ia mengatakan bonus tersebut untuk memberi semangat pada para atlet agar mampu mencapai target. Selain mengusulkan bonus untuk peraih medali emas di cabang olahraga perorangan. Pihaknya juga mengusulkan bonus bagi peraih medali emas cabang beregu dengan ketentuan misal dua hingga lima orang mendapat Rp8 juta per atlet. 

Sementara atlet beregu seperti cabang olahraga voli sekitar Rp7,5 juta per orang. "Kami menyambut baik dan ini sesuai dengan yang diperjuangkan KONI.  Karena atlet berprestasi memang seharusnya mendapat penghargaan dari pemerintah daerah dan ada aturannya," kata Subandrio, saat ditemui seusai upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Lapangan Trirenggo,  Bantul,  Senin (9/9/2019).

Dalam Porda kali ini pihaknya mengikutkan sebanyak 873 atlet untuk sejumlah cabang olahraga. Jumlah tersebut belum termasuk pelatih dan offisial.  Sementara cabang olahraha yang dipertandingkan sebanyak 38 jenis. 

Subandrio mengklaim Bantul cukup kuat di hampir semua cabang olahraga, kecuali beberapa cabang olahraga yang terpaksa tidak bisa ikut karena kesalahan adminiatrasi dal proses pendaftaran.

Ia mencontohkan cabang olahraga golf tidak ikut karena terlambat memberikan data pemain.  Sementara cabang olahraga biliar dicoret dari pendaftaran karena atletnya dianggap tidak memenuhi syarat asminiatrasi.  Selain itu ada juga cabang olahraga yang tidak mencapai target seperti tenis lapangan dari target dapat empat medali emas namun hanya dapat dua emas.  Kemudian Anggar dari target dua emas hanya dapat satu emas.

"Kamis optimistis dapat memborong semua medali emas di cabor panahan di semua kategori dan cabor panjat tebing dan dayung," kata Subandrio.