Bandara YIA Ditarget Beroperasi Penuh Awal 2020, Pembangunan Dikebut

Pesawat di Yogyakarta International Airport, Kulonprogo. - Harian Jogja/Desi Suryanto
18 September 2019 08:37 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) untuk operasi penuh sudah terkejar sampai 80%. Angkasa Pura I optimis target operasi penuh dan pemindahan semua penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Bandara YIA terkejar awal tahun depan.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan sampai saat ini meskipun masih pada tahap operasional minimum, namun intensitas penerbangan sudah cukup tinggi. Okupansi bahkan sampai 50%.

"Pembangunan sudah sampai 80% dan masih fokus di terminal," ujar Pandu pada Senin (16/9/2019) saat menghadiri pembukaan pelatihan kebandarudaraan di Helpdesk Bandara YIA, Kecamatan Temon. Ia menjelaskan, yang menjadikan lamanya pembangunan bandara yaitu pada tahap penyelesaian.

"Finishing yang lama. Kalau secara fisik cepat, sudah terlihat bangunan-bangunannya. Tapi kan kalau finishing itu ada artwork atau sentuhan seni yang mesti diperhatikan," jelas Pandu.

Meski demikian, ia mengatakan, pada saat boyongan nanti dijalankan secara bertahap, semua fasilitas kebandarudaraan di YIA sudah siap. Pihaknya menargetkan, pembangunan keseluruhan Bandara YIA rampung di akhir tahun ini.

Empat bulan operasi minimum berjalan, dari Mei lalu sampai Agustus, tercatat, Bandara YIA sudah menampung 96.000 penumpang.

"Kalau per hari bisa sampai 1.200 lebih penumpang. Puncaknya di Sabtu dan Minggu, bisa sampai 1.800 penerbangan," ujar Pandu. Di akhir tahun nanti, pihaknya menargetkan, jumlah penumpang yang dilayani di YIA sampai 4.000 per harinya.

Tiap bulannya, jumlah penumpang mengalami peningkatan. "Pada Juli, YIA melayani 27.585 penumpang, sementara Agustus tercatat ada 38.646 penumpang. Artinya terjadi peningkatan penumpang sebesar 40%," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Sementara saat ini, dalam operasi minimumnya, di YIA terdapat 14 jadwal penerbangan yang melayani penumpang setiap harinya. Beberapa rute yang dilayani antara lain Cengkareng, Halim Perdanakusuma, Palangkaraya, Samarinda, Lombok, dan Makassar.

Ada empat maskapai yang saat ini beroperasi di YIA. Keempatnya antara lain Citilink, Batik Air, AirAsia, dan Lion Air. Terbaru, direncakan Citilink dan Lion Air akan menambah rute penerbangan. Dari Citilink sebanyak tiga rute baru dan Lion Air tujuh rute baru. "Total diperkirakan sampai akhir tahun nanti, di YIA akan ada 36 jadwal penerbangan," ungkap Faik.