Usung Calon Bupati, Nasdem Buka Peluang Koalisi

ilustrasi. - dok
22 September 2019 15:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Gunungkidul tidak menutup peluang untuk berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Nasdem pun membuka penjaringan bakal calon dari luar partainya untuk diusung menjadi Calon Bupati Gunungkidul.

Ketua DPD Nasdem Gunungkidul, Suparjo, menjelaskan meski partainya mampu mengusung calon sendiri karena memiliki sembilan kursi kursi di DPRD Gunungkidul, partainya tetap membuka pintu koalisi. Meski demikian, siapa bakal calon yang akan diusung baru diputuskan setelah rakernas pada November 2019 mendatang. "Setelah rakernas baru ditentukan siapa calon bupati yang akan kami usung," kata Suparjo saat ditemui Harian Jogja, Minggu (22/9/2019).

Suparjo menegaskan bahwa Nasdem juga berpeluang membuka koalisi dengan PDI Perjuangan yang saat ini sudah mulai menjaring bakal calon bupati dan wakil bupati. "Kami siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan, terlebih pada dasarnya kami hanya mencalonkan sosok yang dikehendaki masyarakat," ujarnya.

Untuk mengetahui bakal calon bupati yang dikehendaki Nasdem menggelar survei baik internal maupun eksternal. Dari kalangan internal, ia tidak menampik jika dirinya, Suharno, dan Benyamin Sudarmadi masuk radar Calon Bupati Gunungkidul. "Dari ketiga kandidat nanti dilihat siapa yang paling tinggi suaranya," katanya. Dari kalangan eksternal, Mayor Sunaryanto masuk dalam radar penjaringan. Selain itu ada Kolonel Tugiman dan sejumlah calon lainnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, menuturkan sebelumnya partainya telah menjaring tujuh orang calon bupati. Dari kalangan internal mencuat dua nama yakni Demas Kursiswanto serta Danang Ardianta. "Itu dari internal partai kami," katanya.

Endah mengatakan dari luar partai ada lima orang yang mengambil formulir pendaftaran yakni Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY, Bambang Wisnu Handoyo; mantan Kepala DPPKAD Gunungkidul, Supartono; RM Kukuh Hestrianingsih; Mayor Sunaryanto dan Kolonel Tugiman. "Kami buka peluang bagi siapa saja yang ingin bersama-sama memajukan Gunungkidul," katanya.