Advertisement

Usung Calon Bupati, Nasdem Buka Peluang Koalisi

Rahmat Jiwandono
Minggu, 22 September 2019 - 15:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Usung Calon Bupati, Nasdem Buka Peluang Koalisi ilustrasi. - dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Gunungkidul tidak menutup peluang untuk berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Nasdem pun membuka penjaringan bakal calon dari luar partainya untuk diusung menjadi Calon Bupati Gunungkidul.

Ketua DPD Nasdem Gunungkidul, Suparjo, menjelaskan meski partainya mampu mengusung calon sendiri karena memiliki sembilan kursi kursi di DPRD Gunungkidul, partainya tetap membuka pintu koalisi. Meski demikian, siapa bakal calon yang akan diusung baru diputuskan setelah rakernas pada November 2019 mendatang. "Setelah rakernas baru ditentukan siapa calon bupati yang akan kami usung," kata Suparjo saat ditemui Harian Jogja, Minggu (22/9/2019).

Advertisement

Suparjo menegaskan bahwa Nasdem juga berpeluang membuka koalisi dengan PDI Perjuangan yang saat ini sudah mulai menjaring bakal calon bupati dan wakil bupati. "Kami siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan, terlebih pada dasarnya kami hanya mencalonkan sosok yang dikehendaki masyarakat," ujarnya.

Untuk mengetahui bakal calon bupati yang dikehendaki Nasdem menggelar survei baik internal maupun eksternal. Dari kalangan internal, ia tidak menampik jika dirinya, Suharno, dan Benyamin Sudarmadi masuk radar Calon Bupati Gunungkidul. "Dari ketiga kandidat nanti dilihat siapa yang paling tinggi suaranya," katanya. Dari kalangan eksternal, Mayor Sunaryanto masuk dalam radar penjaringan. Selain itu ada Kolonel Tugiman dan sejumlah calon lainnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, menuturkan sebelumnya partainya telah menjaring tujuh orang calon bupati. Dari kalangan internal mencuat dua nama yakni Demas Kursiswanto serta Danang Ardianta. "Itu dari internal partai kami," katanya.

Endah mengatakan dari luar partai ada lima orang yang mengambil formulir pendaftaran yakni Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY, Bambang Wisnu Handoyo; mantan Kepala DPPKAD Gunungkidul, Supartono; RM Kukuh Hestrianingsih; Mayor Sunaryanto dan Kolonel Tugiman. "Kami buka peluang bagi siapa saja yang ingin bersama-sama memajukan Gunungkidul," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement