Kandang Ayam di Pengasih Terbakar, Ribuan Ayam Mati Terpanggang

Ilustrasi. - Antara Foto/Hafidz Mubarak A
22 September 2019 16:07 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebuah kandang ayam milik Kamijo, warga Dusun Kalipetir, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih ludes terbakar. Kebakaran itu membuat ribuan ekor ayam miliknya hangus terpanggang.

Petugas Pemadam Kebakaran Kulonprogo, Riyanto mengatakan, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Minggu (22/9/2019) di Dusun Kalipetir, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih. Pagi hari itu, warga disuguhi pemandangan hangusnya kandang ayam milik Kamijo.

Ia mengatakan kemunculan api yang membuat kandang ayam Kamijo terbakar datang dari kebocoran gas pada alat pemanas kandang ayam itu. Api yang muncul kemudian menjalar ke seluruh bagian kandang ayam yang terbuat dari bahan mudah terbakar.

"Luas kandangnya 500 meter persegi. Semuanya hangus, ayam di dalam dan perlengkapan lainnya. Ayam yang mati terpanggang ada sekitar 2.500 ekor," jelas Riyanto pada Minggu (22/9/2019).

Meski tidak ada korban jiwa, namun Kamijo mengalami kerugian akibat kebakaran itu. Kerugian diperkirakan mencapai Rp24 juta.

Pada dini hari, setelah muncul laporan kebakaran, petugas langsung memadamkan api. "Pemadaman dilakukan dengan dua truk tangki. Satu milik damkar, satu milik BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah]. Pemadaman dibantu kepolisian, TNI dan relawan serta warga," kata Riyanto.