Advertisement

KPBB UAJY Gandeng Paguyuban Tionghoa untuk Ini

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 10 Oktober 2019 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
KPBB UAJY Gandeng Paguyuban Tionghoa untuk Ini Dari kiri ke kanan, Staf Bagian Pengembangan Program dan Promosi KPBB UAJY Sapto Nugroho; Ketua APPBMI DIY Lina Indahwati; Wakil Ketua APPBMI DIY Amel; Kepala KPBB UAJY Indra Kristianto; Ketua BKPBT DIY Jimmy Sutanto; Ketua Paguyuban Warga Tionghoa BP Yogyakarta Muwardi,dan Sekretaris BKPBT DIY Nicodemus Sanny seusai pertemuan pembahasan poin kerja sama./ Ist - BKPBT DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjajaki kerja sama dalam pendidikan bahasa dan kebudayaan Tionghoa dengan Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa (BKPBT) DIY, Asosiasi Pendidik dan Pengembang Bahasa Mandarin di Indonesia (APPBMI) DIY, dan Paguyuban Warga Tionghoa BP Yogyakarta.

Staf Bagian Pengembangan Program dan Promosi KPBB UAJY Sapto Nugroho mengungkapkan garis beras dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. "Kami bergerak di kedua bidang itu. Dengan kerja sama ini kami ingin mengembangkan untuk penguasaan bahasa dan mempelajari kebudayaan dari bahasa asing yang dipelajari," kata dia, Rabu (9/10).

Advertisement

Ia menjelaskan bahasa dan budaya Tionghoa dipilih karena secara umum Tiongkok merupakan salah satu negara maju. Tiongkok cukup berpengaruh dalam berbaga bidang apapun termasuk ekonomi.

"Kita lihat potensi orang yang bisa pakai bahasa Mandarin lebih tinggi. Kesempatan untuk dapat peluang itu besar dengan bisa berbahasa Mandarin. Kerja sama ini untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menangkap peluang ini mulai dari pariwisata hingga teknologi," jelas dia.

Ia menjelaskan kerja sama ini diharapkan bisa terwujud. Pembahasan poin-poin yang dikerjasamakan akan diajukan ke Rektor untuk ditindalanjuti. Diharapkan kerja sama ini bisa direalisasikan segera.

"Kerja samanya secara praktis penyediaan tenaga kerja. Lalu menyediakan narasumber yang kompeten dalam bidang bahasa dan kebudayaan. Kemudian, bersama-sama mempromosikan dan hidupkan budaya Tionghoa dan bahasa," kata dia.

Sekretaris BKPBT DIY Nicodemus Sanny mengungkapkan BKPBT DIY terbuka untuk kerja sama dengan UAJY untuk dapat lebih memajukan pendidikan Bahasa Tionghoa di DIY. "Kami punya program seperti beasiswa, study tour dan ujian CTI yang bisa merupakan program kerja sama untuk dikembangkan di lingkungan UAJY melalui KPBB-nya," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement