Advertisement

Aplikasi BumilKu Masuk 10 Besar Program Inovasi BIG

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 15 Oktober 2019 - 07:57 WIB
Sunartono
Aplikasi BumilKu Masuk 10 Besar Program Inovasi BIG Ilustrasi Perempuan Hamil - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Aplikasi Ibu Hamil Kulonprogo atau disebut BumilKu masuk 10 besar dalam ajang Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial yang digelar oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 19 Agustus 2019. 

Sekda Kulonprogo, Astungkoro mengatakan Bumilku merupakan program unggulan Pemkab Kulonprogo. Program yang mengandalkan informasi geospasial untuk menekan angka kematian ibu melahirkan tersebut merupakan bagian dari penerapan Smart City. Perwujudannya dalam bentuk aplikasi pemantauan kesehatan ibu hamil yang mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Geospasial.

Advertisement

Tidak hanya BumilKu, pemkab Kulonprogo juga punya aplikasi lain dalam upaya menekan angka kematian ibu melahirkan. Aplikasi yang masih tahap penyiapan itu diberi nama MatahatiKu. Aplikasi ini berfungsi untuk memantau kesehatan ibu pasca melahirkan dan pertumbuhan anak di 1.000 hari pertama. "Kami telah mulai merintis dan diuji coba di Puskesmas Panjatan II," kata Astungkara.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kulonprogo, Hunik Rimawati mengatakan, dengan aplikasi Bumilku, kesehatan ibu dan anak dipantau. Pendataan Bumilku dengan sistem geographic information system (GIS). Di dalam aplikasi itu bakal terlihat klasifikasi tentang bumil mana saja yang dalam kondisi sehat dan terganggu kesehatannya.

Hunik mengatakan, pada kasus kematian ibu saat melahirkan, salah satu penyebabnya yaitu penyakit yang beresiko. Dengan aplikasi Bumilku tersebut, penyakit yang beresiko pada ibu melahirkan bisa terpantau sehingga bisa dilakukan penanganan sedini mungkin. "Ada secara real time terpantau. Harapannya Kulonprogo bisa zero kasus kematian ibu melahirkan," ucap Hunik.

Disadur dari laman kominfo.kulonprogokab.go.id, BIG Indonesia akan menggelar penganugrahan Bhumandala Award 2019 dan memperingatan Hari Informasi Geosparsial pada Kamis (17/10/2019). Adapun kota yang mendapat penghargaan yaitu Kota Bandung, Kota Manado, dan Kota Semarang.

Selain ketiga kota itu, Kabupaten Kulonprogo turut diundang karena telah berhasil meraih predikat terbaik dalam Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial 2019. “Kami menggundang Bupati Kulon Progo untuk menerima Bhumandala Award inovasi pemanfaatan informasi Geospasial, dalam rangkaian acara puncak peringatan Hari Informasi Geospasial 2019,” kata Kepala BIG Hasanudin Zainal Abidin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement