Advertisement

Sudah Hujan, Dropping Air Masih Berlangsung

Lajeng Padmaratri
Minggu, 03 November 2019 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sudah Hujan, Dropping Air Masih Berlangsung Satlinmas Rescue Istimewa DIY menyalurkan bantuan air bersih untuk terdampak kekeringan di Dusun Tirto, Desa Hargotirto, Kokap, Sabtu (2/10/2019). - Harian Jogja/lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Hujan sudah mulai turun di Kulonprogo sejak Kamis (31/10/2019) malam. Namun hal itu tidak menghentikan penyaluran air atau dropping air di sejumlah titik kekeringan di Kulonprogo.

Pada Sabtu (2/11/2019), Satlinmas Rescue Istimewa DIY menyalurkan air bersih ke beberapa titik di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap.

Advertisement

Meski hujan sudah turun, tetapi warga Dukuh Tirto, Desa Hargotirto, Kokap masih krisis air bersih. Debit air hujan yang turun dirasa masih kurang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. "Pusat mata airnya belum begitu terisi meskipun sudah hujan dua hari, paling enggak harus hujan seminggu dulu," ujar warga bernama Sunarti, 36.

Menurutnya, air aliran sungai di masa pancaroba tidak enak dikonsumsi. "Kalau awal-awal gini enggak enak rasanya," kata dia.

Kepala Desa Hargotirto, Sabarno, menuturkan di wilayahnya ada sekitar 2.000 dari 9.000 jiwa yang terdampak kekeringan. Hal ini disebabkan banyak warga di daerah perbukitan yang tidak teraliri pipa PDAM. "Masih ada beberapa titik yang kekurangan air bersih, karena aliran hujan ini justru bikin air keruh," kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement