Tim Kemenpan-RB Evaluasi Pembangunan Zona Integritas PTA Jogja

Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) hadir di PTA Jogja, Senin (4/11/2019) untuk memastikan bahwa dokumen yang telah dipresentasikan di Kantor Kemenpan RB sebelumnya sesuai dengan bukti di lapangan. - Istimewa
04 November 2019 18:02 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jogja telah melalui proses penilaian tahap akhir guna mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayanani (WBBK).

Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) hadir di PTA Jogja, Senin (4/11/2019) untuk memastikan bahwa dokumen yang telah dipresentasikan di Kantor Kemenpan RB sebelumnya sesuai dengan bukti di lapangan.

Sekretaris PTA Jogja Karyarini Fathonah, melalui keterangan tertulis kepada Harianjogja.com, mengatakan pembangunan Zona Integritas PTA Jogja telah dimulai sejak 7 Januari 2019 dengan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas. Pencanangan merupakan langkah awal dan bagian dari proses pernyataan komitmen telah siap membangun Zona Integritas.

Setelah deklarasi PTA Jogja melakukan proses dan tahapan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efesien, melayanan prima dan memuaskan.

“Sebagai bagian dari kawal depan Mahkamah Agung, Pengadilan Tinggi Agama Jogja ikut berkomitmen melakukan pelayanan prima bagi pencari keadilan dan masyarakat secara cepat, tepat dan profesional,” kata dia.

Tim Evaluator Kemenpan RB yang menilai di PTA Jogja berjumlah dua orang, Shokhif Khoirul Anam dan Salsa, didampingi Edi Yuniadi, Kabag Organisasi tata Laksana Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung. Tim penliai disambut langsung oleh Ketua PTA Jogja, Said Munji, di depan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PTA Jogja.

Ketua PTA Jogja  menjelaskan langsung program unggulan lima unggulan PTA Jogja. Pertama, Percepaatan

Penyelesaian Perkara Banding dari tiga bulan menjadi dua bulan, kedua one day minute dan and day publish, ketiga Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Banding, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), keempat Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), kelima Zero Pengaduan.

Perubahan menuju Wilayah Bebas Korupsi di PTA JOGJA didukung dengan Inovasi Teknologi Informasi yang dibangun sendiri leh Sumber daya maanusia yang dimiliki yakni;

  • SISKP : Sistem Informasi Sasaran Kerja Pegawai
  • SIMP : Sistem Informasi Manajemen Persuratan
  • SISILAK : Sistem Informasi Laporan Keuangan
  • SIADE : Sistem Informasi Dokumen Elektronik
  • SIMEKI : Sistem Informasi Monitoring Ealuasi Kinerja
  • SIMPUS : Sistem Manajamen Informasi Perpustakaan
  • SIPBMN : Sistem Informasi Pemeliharaan Barang Milik Negara

Tugas dan fungsi PTA Jogja adalah sebagai Kawal Depan, Fungsi Pembinaan, Pengawasan, Nasihat, Administratif terhadap Pengadilan Agama Se Daerah Istimewa Yogyakarta dan momentum Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Menuju Wilayah Bebas Korupsi sebagai bagian menciptakan pelayan yang prima dan memuaskan.(*)