Disbud Gelar Lomba Geguritan untuk Siswa SMP

Lomba membaca puisi berbahasa Jawa atau geguritan yang digelar di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Selasa-Rabu (5-6/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
05 November 2019 23:37 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul menggelar lomba membaca puisi berbahasa Jawa atau geguritan di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Selasa-Rabu (5-6/11/2019). Kegiatan yang merupakan wadah literasi berbahasa Jawa ini menggandeng seluruh SMP di wilayah Gunungkidul.

Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Gunungkidul, Sigit Pramudianto, mengungkapkan literasi geguritan dalam mata pelajaran SMP sudah mulai ditinggalkan oleh sekolah. Hal itu bisa dilihat dari jumlah jam mata pelajaran muatan lokal yang sangat terbatas. "Hal ini mendorong kami untuk lebih memperdalam lagi bahasa dan sastra Jawa di lingkup siswa-siswi SMP di Gunungkidul," kata Sigit, Selasa (5/11/2019).

Dengan adanya lomba ini diharapkan siswa-siswi SMP bisa melestarikan dan mengenal kembali geguritan dalam sastra berbahasa Jawa. "Setelah mengenal kembali dan bisa digunakan dikehidupan sehari-hari, terutama ketika mereka tampil saat acara dilingkungan mereka dengan menyajikan karya puisi berbahasa jawa," ujarnya.