Advertisement

Disbud Gelar Lomba Geguritan untuk Siswa SMP

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 05 November 2019 - 23:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Disbud Gelar Lomba Geguritan untuk Siswa SMP Lomba membaca puisi berbahasa Jawa atau geguritan yang digelar di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Selasa-Rabu (5-6/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul menggelar lomba membaca puisi berbahasa Jawa atau geguritan di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Selasa-Rabu (5-6/11/2019). Kegiatan yang merupakan wadah literasi berbahasa Jawa ini menggandeng seluruh SMP di wilayah Gunungkidul.

Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Gunungkidul, Sigit Pramudianto, mengungkapkan literasi geguritan dalam mata pelajaran SMP sudah mulai ditinggalkan oleh sekolah. Hal itu bisa dilihat dari jumlah jam mata pelajaran muatan lokal yang sangat terbatas. "Hal ini mendorong kami untuk lebih memperdalam lagi bahasa dan sastra Jawa di lingkup siswa-siswi SMP di Gunungkidul," kata Sigit, Selasa (5/11/2019).

Advertisement

Dengan adanya lomba ini diharapkan siswa-siswi SMP bisa melestarikan dan mengenal kembali geguritan dalam sastra berbahasa Jawa. "Setelah mengenal kembali dan bisa digunakan dikehidupan sehari-hari, terutama ketika mereka tampil saat acara dilingkungan mereka dengan menyajikan karya puisi berbahasa jawa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement