UAJY Adakan Seminar Sertifikasi RSA dan CRA

Alexander Jatmiko Wibowo (kiri) saat menjadi moderator seminar dan sosialisasi RSA bersama dengan tiga pembicara Yohanis Hans Kwee (dua kiri), Sulad Sri Hardanto dan Aria Santoso (kanan), Jumat (1 - 11) lalu.
06 November 2019 23:37 WIB Maya Herawati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan seminar dan sosialisasi sertifikasi Registered Securities Analyst (RSA) dan Certified Risk Associate (CRA), Jumat (1/11).

Seminar dimaksudkan sebagai sarana pengenalan mahasiswa terhadap salah satu jenis sertifikasi yang bisa meningkatkan kompetinsi, khususnya di bidang profesi yang ada di pasar modal serta manajemen risiko.

“Tantangan yang semakin luas untuk menghadapi dunia kerja menuntut individu untuk memiliki kompetensi untuk menjadi seorang profesional. Kompetensi tersebut bisa didapatkan salah satunya dengan mengikuti program sertifikasi,” ujar Tabita Indah Iswari, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, UAJY, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (6/11/2019).

Ia menambahkan dengan dimungkinkannya perguruan tinggi mengeluarkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) mulai tahun kelulusan 2014 maka perguruan tinggi harus memberi perhatian pada pentingnya membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dukup untuk memasuki dunia kerja.

“Salah satunya dengan menyediakan program sertifikasi sehingga mahasiswa memiliki competitive advantage dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Hal ini yang menjadi latar belakang mengadakan seminar ini,” katanya.

Acara seminar dan sosialisasi ini dibuka dengan sambutan oleh Budi Suprapto, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika dan dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY.  Seminar yang diselenggarakan dilaksanakan dalam tiga sesi dimoderatori oleh Alexander Jatmiko Wibowo, Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY.

Tiga pembicara yang dihadirkan adalah Aria Santoso, Presiden Direktur CSA Institute. Ia memberikan pemaparan tentang analisa di bidang sekuritas dan beberapa kompetensi yang diperlukan untuk menjadi seorang analis sekuritas yang tersertifikasi.

Materi untuk sesi kedua disampaikan oleh Yohanis Hans Kwee, Praktisi Pasar Modal Saham, Private Equity, dan Manajer Investasi. Hans Kwee memaparkan tentang beberapa profesi yang terkait dengan pasar modal beserta manfaat yang didapat dengan memiliki sertifikasi. Dalam sesi ini, Hans Kwee juga menambahkan materi mengenai pengenalan pada sertifikasi Registered Family Financial Advisor (RFFA).

Pembicara ketiga yaitu Sulad Sri Hardanto, Praktisi Manajemen Risiko Bank, Pasar Modal dan Sektor Riil. Sulad Sri Hardanto memaparkan mengenai pengalamannya sebagai konsultan manajemen risiko dan menjelaskan beberapa kompetensi yang diperlukan untuk mengikuti sertifikasi CRA.

Seminar dan sosialisasi sertifikasi RSA dan CRA akan dilanjutkan dengan pelatihan dan ujian sertifikasi untuk mahasiswa melalui Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomika Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY guna memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan bekal kompetensi dalam menghadapi dunia kerja.