Dosen dan Fasilitas Kampus Ikut Tentukan Kualitas Lulusan

Pelaksanaan wisuda Unriyo di Jogja Expo Center (JEC), Kamis (7/11/2019). - Ist/ Dok Unriyo
07 November 2019 15:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) kembali meluluskan 605 sarjana dan ahli madya. Para lulusan diklaim telah dibekali berbagai kemampuan yang siap bersaing di era teknologi 4.0.

Rektor Unriyo Profesor Santoso menjelaskan dari 605 lulusan yang diwisuda pada periode ini, terdiri atas 350 sarjana, 128 DIV dan 127 jenjang DIII. Dari banyaknya lulusan tersebut, ia meyakini telah siap diterjunkan ke masyarakat terutama bersaing di era teknologi 4.0. Pihaknya optimistis alumni perguruan tinggi yang ia pimpin memiliki keterserapan tinggi di dunia kerja.

"Karena kami mengarahkan kurikulum ini lebih pada teknologi informasi, selain kurikulum nasional yang kami berikan juga dibekali kurikulum lokal sebagai pendamping," terang dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com Kamis (7/11/2019).

Ratusan cendekiawan muda itu secara resmi telah dilantik melalui wisuda dan rapat senat terbuka yang digelar di Jogja Expo Center pada Rabu (6/11/2019). Ia menambahkan, untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing maka dibutuhkan kurikulum yang lebih terarah disertai dengan kualitas dosen serta fasilitas memadai. "Kami terus mengupayakan agar kualitas itu terjaga dengan baik," ucapnya.

Ketua Senat Unriyo Ariyanto Nugroho mengatakan dalam wisuda periode kali ini juga diikuti lulusan asal luar negeri. Tercatat ada tiga orang yang juga mengikuti wisuda, terdiri atas dua orang asal Timor Leste dan satu orang dari Thailand. Ketiganya telah menyelesaikan pendidikan melalui proses akademik yang dijalani dengan lancar. Selain itu ada tujuh sarjana yang dinyatakan lulus dengan IPK sempura yaitu 4,0. "Untuk lulusan tercepat tiga tahun delapan bulan," ujarnya.