Sambut Tol Jogja-Solo, Jalan Menuju Stadion Maguwoharjo & Jogja Bay Diperlebar

Ilustrasi pintu tol. - JIBI/Bisnis Indonesia/Arief Hermawan P
13 November 2019 19:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMANSleman berbenah menyambut keberadaan tol. Jalan sirip di sekitar exit toll atau pintu keluar tol akan dilebarkan.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Dwi Nugroho mengatakan jalan yang akan diperlebar adalah Jalan Candi Gebang menuju Stadion Maguwoharjo dan destinasi wisata Jogja Bay.

Penataan dimulai dari jalan di utara stadion yang menikung masuk ke area perkampungan. Jalan yang ada sekarang masih sempit,ujar Dwi setelah sosialisasi pengadaan lahan kepada warga dan perangkat desa terdampak di Balai Desa Wedomartani, Rabu (13/11).

Jalan dari arah timur ke barat akan dibuat lurus menuju Dusun Jetis, Desa Maguwoharjo. Pemkab Sleman akan membangun jembatan karena jalan tersebut melintas di atas sungai.

Sebanyak 28 bidang tanah wilik warga di Wedomartani dan tiga bidang tanah kas desa di Maguwoharjo akan dibebaskan. Pelebaran jalan itu membutuhkan lahan seluas 6.588 meter persegi. Lahan tersebut berada di Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, seluas 3.441 meter persegi, dan Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, seluas 3.147 meter persegi.

Para pihak terkait telah diundang dalam sosialisasi. Langkah berikutnya adalah konsultasi publik,” katanya.

Jalan Candi Gebang bisa terhubung dengan Tol Jogja-Solo lewat exit toll yang berada di utara UPN Veteran Jogja. 

Enam titik exit dan entry toll disiapkan sepanjang jalur tol Solo-Jogja-Bawen yang masuk di wilayah DIY. Keenam titik tersebut berada di Purwomartani, Maguwoharjo sekitar Lotte Mart, UPN, Monjali, Trihanggo, dan Westlake (Tirtoadi). Exit toll dibangun di dekat pusat ekonomi agar pengguna tol tidak hanya melintas di DIY tetapi juga singgah.