Olifant Kenalkan Profesi Polisi pada Anak

Siswa Olifant Preschool berfoto bersama polisi saat mengikuti kegiatan The Police is My Friend di Ditlantas Polda DIY, Senin (18/11)./ Ist. - Olifant Preschool
21 November 2019 07:22 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Memperkenalkan berbagai macam profesi kepada anak-anak memberikan manfaat yang baik bagi mereka salah satunya mengenalkan profesi polisi.

PR-Program Development Olifant School Mariana Hastuti mengatakan anak-anak akan memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, memberikan pemahaman tentang bagaimana profesi tersebut dapat membantu orang lain, dan bagaimana anak-anak dapat menghargai orang dari berbagai macam profesi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan profesi ini.

"Dapat dengan mengajak anak-anak berkunjung tempat para profesi tersebut bekerja, atau dengan mendengarkan cerita dari para profesional, bahkan bisa dengan bermain peran dari profesi tersebut," kata dia dalam rilis, Rabu (20/11).

Olifant juga ingin memperkenalkan berbagai macam profesi kepada anak-anak salah satunya adalah profesi polisi. Kegiatan ini sekaligus sebagai implementasi program kepolisian, Polisi Sahabat Anak. Kegiatan The Police is My Friend dilaksanakan dengan mengunjungi Ditlantas Polda DIY pada Senin (18/11) dan diikuti oleh siswa Olifant Preschool. Dalam kegiatan ini, anak-anak belajar untuk mengenal seluk beluk profesi polisi dan apa tugas-tugas yang dilaksanakan oleh seorang polisi. Hal lain yang penting adalah memperkenalkan safety and security untuk anak-anak terutama ketika di jalan raya.

Siswa belajar untuk menyeberang jalan,  memakai helm yang benar, melindungi diri pada saat ikut orang tua naik kendaraan, berperilaku di mobil yang aman serta berperilaku di tempat umum.

Anak-anak pada saat berkunjung sekaligus dapat melihat contoh sikap kedisiplinan dari para polisi, sehingga d bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak. Sebagai institusi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, para polisi juga menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara dan karakter melayani yang diberikan para polisi ini kepada masyarakat yang datang serta memerlukan bantuan.

"Selain itu, anak-anak juga diperkenalkan dengan berbagai kelengkapan polisi termasuk kendaraan yang dipakai polisi untuk melakukan patroli dalam menjaga keamanan di jalan raya dan lingkungan. Anak-anak terlihat sangat tertarik dan bersemangat sekali untuk melihat berkenalan dengan bapak dan ibu polisi serta mengenal area bekerja mereka. Hal yang sangat menggembirakan bagi anak-anak, mereka mendapatkan souvenir berupa helm standar bagi seluruh anak yang berkunjung," kata dia.

Pengenalan kegiatan profesi ini selain mengenal profesi polisi, anak-anak juga belajar mengenai profesi chef, dan juga kegiatan di restoran. Melalui kegiatan ini anak-anak diberikan stimulasi supaya semakin membuka wawasan dan memberikan inspirasi bagi anak-anak.