CPNS 2019: Nyeleneh, 10 Pendaftar Ini Malah Unggah Foto Satai Kambing

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
22 November 2019 14:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ada-ada saja ulah para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) DIY. Jika pendaftar pada umumnya melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), namun 10 orang ini justru nyeleneh. Mereka justru melampirkan foto bergambar sepiring satai kambing.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto membenarkan adanya pelamar CPNS yang seharusnya melampirkan foto KTP, namun justru gambar sepiring sate. Calon peserta itu terdeteksi mendaftar pada salah satu formasi yaitu tenaga kependidikan di SMAN 1 Temon, Kulonprogo. Pelamar ini diketahui saat di buka pada awal-awal pendaftara CPNS Pemda DIY. “Entah apa motif pendaftar melampirkan foto tersebut,” kata Agus, Jumat (22/11/2019).

Dia menjelaskan foto seporsi satai kambing itu ditemukan saat awal masa pemberkasan. “Mereka pendaftar di formasi tenaga kependidikan di SMA 1 Temon,” imbuh Agus.

Jika dideteksi, kata dia, pendaftar yang melampirkan foto gambar satai kambing itu jumlahnya lebih dari satu. Pihaknya tidak mendeteksi identitas pendaftar itu karena KTP-nya tidak dilampirkan dan hanya didapati foto sate kambing. "Ini aneh. Masa 10 pendaftar salah unggah semua, apalagi gambarnya sama semua [satai kambing]. Namun kami belum bisa memastikan itu memang disengaja atau tidak," kata dia.