Gumuk Pasir Parangtritis Raih Penghargaan Destinasi Wisata Terpopuler

Gumuk pasir di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
28 November 2019 08:07 WIB Kiki Luqman Hakim (ST 16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Objek wisata Gumuk Pasir di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY, mendapatkan penghargaan sebagai kategori destinasi Olahraga dan Petualangan Terpopuler dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

"Pada 22 November lalu Bantul mendapat award terbaik tiga, kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler untuk Gumuk Pasir yang merupakan salah satu destinasi yang ada di kawasan Pantai Parangtritis," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani di Bantul, Selasa (26/11).

Penghargaan dari hasil penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia itu, lanjut dia, diterima Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo yang diserahkan pejabat perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 22 November 2019.

Menurut dia, Penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Tim Ayo Jalan Jalan yang dimulai 1 Juni sampai 31 Oktober 2019 itu dengan mengumpulkan perolehan suara atau voting melalui empat saluran.

Ia menjelaskan, saluran tersebut melalui SMS (pesan singkat) premium semua operator, aplikasi API (Anugerah Pesona Indonesia) Award, Aplikasi Praja TV, dan You tube Video Channel bagi nominasi telah berakhir. Adapun nominasi yang diperebutkan ada 18 kategori.

Menurut dia, sumber dari panitia API 2019 menyebut, nominasi API yang dipilih melalui empat saluran itu telah ditonton dan divote ratusan ribu masyarakat baik dalam dan luar negeri. Dan itu merupakan sesuatu yang menggembirakan karena terjadi peningkatan jumlah animo masyarakat yang memberikan voting dan melihat video API.

"Hal itu merupakan penanda bahwa video nominasi merupakan sarana promosi yang baik bagi Pariwisata Indonesia, dan tentu saja membawa manfaat besar bagi seluruh daerah yang masuk nominasi dalam mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing," katanya.

Nyoman berpendapat, kegiatan Award Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang kompetisi untuk memasarkan dan menyebarluaskan destinasi dan daya tarik lainnya ke seluruh elemen masyarakat baik dalam maupun luar negeri melalui empat saluran yang disediakan Tim penyelenggara API 2019 agar mereka tertarik berkunjung.

"Hasil bagi Bantul ini tentu memberi motivasi dan manfaat yang sangat besar untuk lebih baik lagi dalam mengelola mempromosikan potensi maupun daya tarik wisata di Bantul untuk bisa berdaya saing dan berdaya jual dengan objek dan daya tarik daerah lainnya," katanya.

Sumber : Antara