Peradi RBA DIY Resmi Lantik Pengurus 5 DPC se-DIY

Para pengurus lima DPC Peradi RBA se-DIY berfoto bersama seusai pelantikan. - Istimewa/Peradi RBA DIY
02 Desember 2019 23:27 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Rumah Bersama Advokat (RBA) DIY resmi melantik pengurus dan anggota lima dewan pimpinan cabang (DPC) Peradi RBA se-DIY, Jumat (29/11/2019). Pelantikan yang digelar di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta tersebut dihadiri pula oleh Bupati Bantul, Kajari Kulonprogo, serta sejumlah perwakilan Polda DIY, Pemkab Sleman, Pemkab Kulonprogo, Pemkot Jogja, Kejaksaan Tinggi DIY, dan organisasi Advokat se-DIY.

Sebelum pelantikan pengurus dan anggota kelima DPC Peradi RBA se-DIY, panitia menggelar diskusi publik bertemakan Quo Vadis RUU KUHP #Contempt of Court vs Contempt of Power# untuk Kehormatan Peradilan dengan menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Peradi RBA Luhut MP Pangaribuan.

Dalam pidatonya, Luhut mengatakan dengan adanya Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No.35/PUU-XVI/2018, organisasi advokat di Indonesia bukan wadah tunggal (single bar), namun multibar yang terdiri dari beberapa organisasi Advokat di Indonesia. Setelah pelantikan, dia berharap semua pengurus terpilih dan anggota DPC Peradi RBA se-DIY segera mengibarkan bendera Peradi RBA di seluruh DIY, khususnya yang sudah mempunyai legal standing (dasar hukum) yang kuat.

“Dengan begitu nantinya bisa jadi wadah para advokat yang ingin bergabung bersama dalam membantu masyarakat, berbagi pengalaman dalam penanganan segala permasalahan hukum, serta belajar tentang organisasi,” kata Luhut melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Senin  (2/12/2019).