Endang Sri Sumiartini Siap Berjuang untuk Masyarakat

Endang Sri Sumiartini
04 Desember 2019 22:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Bagi Endang Sri Sumiartini, berjuang dan mengabdi kepada masyarakat memberikan kepuasan tersendiri. Sepanjang kariernya, anggota DPRD Gunungkidul kelahiran Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, juga selalu dekat dengan rakyat.

Endang mengawali karier dari bawah, yakni menjadi seorang guru bantu alias guru honorer. Setelah cukup lama mengabdi sebagai staf pengajar, Endang akhirnya memilih berhenti. Tawaran surat keputusan (SK) pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) tak mampu menghalanginya untuk mundur. Selepas jadi guru, Endang mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai kepala desa di tanah kelahirannya.

“Berkat dukungan keluarga dan warga, saya terpilih menjadi kepala desa hingga dua periode,” kata Endang saat ditemui Harian Jogja, belum lama ini. Dengan segenap kemampuan yang dimiliki, Endang mencoba mengabdikan diri membangun Desa Karangasem.

Setelah dua periode berkiprah di tingkat desa, Endang kembali berjuang di kancah yang lebih luas, yakni di tingkat kabupaten. Pada Pemilu 2014, perempuan kelahiran 1968 ini akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Gunungkidul. Pada Pemilu 2019, Endang kembali terpilih menjadi wakil rakyat periode 2019-2024. "Di manapun bertugas saya berusaha menjadi pamomong dan pengayom masyarakat," ujarnya.

Saat seorang pemimpin bisa meneladani sifat tersebut, kata dia, maka masyarakat sudah merasa terayomi dan merasa aman, yang berimbas pada pekerjaan yang dilakukan bisa berjalan beriringan dan lancar. "Sekarang masyarakat tidak hanya waton pilih, tetapi memiliki harapan besar kepada yang dipilihnya," tuturnya.