Kuota Terpenuhi, Pendaftaran Panwascam Tak Diperpanjang

Ilustrasi Pilkada
04 Desember 2019 18:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bawaslu Gunungkidul memastikan tidak ada masa perpanjangan pendaftaran untuk rekrutmen panitia pengawas kecamatan (panwascam) di Pilkada 2020. Saat ini jumlah pendaftar sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan pendaftaran anggota panwascam ditutup Selasa (3/12/2019) pukul 24.00 WIB. Total jumlah pendaftar mencapai 179 orang yang terbagi di 18 kecamatan. Adapun jumlah pendaftar di tiap-tiap kecamatan berbeda. Kecamatan Wonosari memiliki pelamar terbanyak dengan jumlah 18 orang pendaftar, sedangkan jumlah pelamar paling sedikit terlihat di Kecamatan Rongkop, Panggang dan Karangmojo, masing-masing enam pelamar.

Meski demikian, lanjut Rosita, jumlah pelamar di tiga kecamatan ini telah memenuhi syarat minimal pelamar sehingga dipastikan di Gunungkidul tidak ada masa perpanjangan pendaftaran untuk rekrutmen panwascam. “Sudah ditutup dan proses dilanjutkan ke tahapan berikutnya,” katanya kepada wartawan, Rabu (4/12/2019).

Dia menjelaskan di hari terakhir sebelum penutupan merupakan yang tersibuk selama pendaftaran. Pasalnya, di hari terakhir ini ada lonjakan jumlah pendaftaran yang sangat signifikan. “Sebelumnya ada beberapa kecamatan yang memenuhi kuota, tapi di akhir-akhir banyak yang mendaftar sehingga syarat minimal enam pendaftar di setiap kecamatan bisa terpenuhi,” katanya.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari, yang bertugas sebagai Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu mengatakan untuk perekrutan di tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan rekrutmen pengawas dalam pemilu. Pasalnya, untuk anggota panwascam dalam Pilkada 2020 boleh berasal dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS). “Kalau dalam Pemilu dan Pilpres 2019 tidak boleh. Untuk sekarang kami masih teliti berapa jumlah pendaftar yang berasal dari kalangan PNS,” kata Rini.

Menurut dia, setelah pendaftaran ditutup, tim Bawaslu segera menyeleksi administrasi. Peserta yang lolos kemudian menjalani tes tertulis dan wawancara sebelum ditetapkan sebagai anggota panwascam di 18 kecamatan. “Jadi ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk dapat terpilih,” katanya.

Ditargetkan rekrutmen anggota panwascam bisa selesai sebelum akhir Desember 2019. Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, proses pelantikan panwascam dilaksanakan pada 22 Desember 2019. “Masing-masing kecamatan dipilih tiga orang anggota panwascam,” katanya.