Teror Belasan Ular Kobra Bikin Warga Gunungkidul Resah

Ilustrasi ular kobra - Reuters
04 Desember 2019 16:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI—Warga Dusun Kepek I, RT 06, Kepek, Wonosari resah dengan kemunculan belasan anak ular kobra.

Salah seorang warga Dusun Kepek I, Ervan Bambang Dermanto menemukan anak kobra sebesar jempol tangan berkeliaran di kamar mandi pada Selasa (3/12/2019) malam.

“Saya tangkap kemudian saya berikan ke pawang,” katanya, Rabu (4/12/2019).

Menurut dia, anak kobra kali pertama terlihat terlihat dan ditangkap di Kepek I pada 2016. Awalnya warga menganggapnya biasa. Namun, anak kobra terus muncul dan tambah banyak, khususnya saat akhir tahun. “Setiap akhir tahun warga menangkap anak kobra. Sampai sekarang induk kobra belum diketahui,” ujarnya.

Warga sudah sering mendatangkan pawang dan juga komunitas penyuka reptile untuk menemukan ular kobra yang membiakkan belasan anak kobra. “Kami belum tahu di mana sarang ular dan ini yang mereseahkan,” kata Ervan.

Kepala Dusun Kepek I Sukirno mengatakan tiap akhir November sampai dengan awal Desember sejak empat tahun terakhir , anak kobra berukuran sekitar 30 cm sering muncul di RT 6.

Ular tersebut tak hanya melata di pekarangan, tetapi juga di kamar warga. Bahkan salah satu keluarga sampai mengungsi ke rumah mertua karena kamar mereka kemasukan anak kobra.

“Keluarga itu memiliki anak kecil,”

Dari 2017 sampai 2018, warga RT setempat menangkap sekitar 49 anak kobra.Sementara, dalam empat hari terakhir, warga menemukan 11 ekor.

“Induknya belum tertangkap. Warga takut. Kalau induk dibiarkan populasinya bertambah banyak,” kataya.

Sukirno mengatakan warga bahkan mendatangkan paranormal untuk mencari sarang kobra.