Stasiun Lempuyangan Dirombak Total: Akan Ada Mall, Hotel, & Kondominium

Maket Stasiun Lempuyangan - Harian Jogja/Desi Suryanto
12 Desember 2019 20:07 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Stasiun Lempuyangan dirombak total. Maket awal revitalisasi sudah dipajang di stasiun.

“Awal nanti akan dicoba desain seperti itu [seperti di maket]. Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu jadi sentra pelayanan penumpang di DIY,” kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 6 Eko Purwanto, Kamis (12/12/2019).

Ia mengungkapkan saat ini di Stasiun Lempuyangan masih terdapat lokasi bongkar muat semen dan barang lainnya. Ke depan kereta  barang akan ditata dan dialihkane ke Stasiun Patukan maupun Stasiun Prambanan (Brambanan).

“Kami akan setting ulang agar pelayanan penumpang makin bagus dan makin terkoneksi dengan tempat-tempat wisata di DIY. Rencananya, Stasiun Lempuyangan memang untuk penumpang saja,” tutur dia.

Dalam rencana awal yang sudah disusun PS KAI, pintu masuk ke Stasiun Lempuyangan tidak hanya dari selatan, tetapi juga dari utara. Selain itu akan ada bangunan-bangunan baru yang lebih modern. Area stasiun juga akan lebih luas ke arah utara.

“Ini masih desain awal dan akan dikaji ulang. Kepastian desain tahun depan. Tahun depan KRL mulai konstruksi, nanti Jogja akan ada peningkatan baik volume penumpang, pelayanan, dan lain-lain. Jogja majunya pesat. Kita perlu bersinergi,” kata dia.

Menurut dia, bangunan heritage tetap akan dilestarikan dan difungsikan,  misalnya untuk kantor, hotel, ataupun restoran. Dengan demikian, sejarah stasiun tidak akan hilang.

“Maket yang ada masih rencana awal. Lempuyangan masih menunggu kepastian. Intinya ada penataan biar nanti bisa layani penumpang lebih banyak dan nyaman,” kata dia.

Dari keteramgan yang tertuang dalam maket pada desain baru akan ada beberapa jenis bangunan. Bangunan heritage akan dipakai untuk restoran dan loko kafe, hotel budget. Selain itu ada bangunan untuk pertemuan, hotel bintang tiga, parkir, perkantoran, plaza untuk ruang publik, terowongan untuk pejalan kaki dan sepeda, depo, gudang, kondominium, mal, dan ruang kerja.