Advertisement

Libur Nataru, Arus Kendaraan Masuk Gunungkidul Melonjak

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 23 Desember 2019 - 21:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Libur Nataru, Arus Kendaraan Masuk Gunungkidul Melonjak Sejumlah kendaraan memasuki wilayah Gunungkidul seperti terlihat di pintu gerbang Kabupaten Gunungkidul di Hargodumilah, Kecamatan Patuk, Senin (23/12/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, arus kendaraan masuk ke Gunungkidul mulai meningkat. Untuk pengamanan, Polres Gunungkidul menyiagakan 245 personel.

Kabag Ops Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto, menuturkan arus kendaraan yang keluar dan masuk Gunungkidul yang terpantau dari Pos Pengamanan Hargodumilah mulai ramai sejak Jumat (20/12) malam.

Advertisement

"Peningkatan kendaraan terjadi sejak Jumat malam dan pergerakan kendaraan ramai lancar," kata Sunarto saat ditemui Harian Jogja di sela-sela pemantauan arus lalu lintas di Pintu Gerbang Gunungkidul, Patuk, Senin (23/12/2019).

Menurutnya, kepadatan arus lalu lintas dipengaruhi libur sekolah dan cuti bersama PNS menjelang Natal. Diprediksi, arus kendaraan terus meningkat hingga selesai masa libur Nataru.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Polres Gunungkidul menggelar rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup. "Kami menyiapkan tim pengurai kemacetan serta petugas yang siap mengganjal ban kendaraan yang tak kuat menanjak. Hal ini sering terjadi saat arus lalu lintas terlalu padat dan macet," ujarnya.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, tak menampik adanya lonjakan kendaraan yang keluar dan masuk Gunungkidul selama beberapa terakhir. Meski demikian, arus kendaraan masih aman dan lancar.

Selain di pintu masuk Gunungkidul, kepadatan juga terjadi di jalur menuju objek wisata di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan obnjek wisata Gua Pindul, Kecamatan Karangmojo.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement