Advertisement

30 Banser Ikut Amankan Misa Malam Natal Gereja Katolik St. Petrus Kanisius Wonosari

Muhammad Nadhir Attamimi
Rabu, 25 Desember 2019 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
30 Banser Ikut Amankan Misa Malam Natal Gereja Katolik St. Petrus Kanisius Wonosari Banser ikut mengamankan misa malam Natal di Gereja Katolik Santo Petrus Kanisius Wonosari pada Selasa (24/12/2019) malam. - Harian Jogja/ Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Misa malam Natal di Gereja Katolik Santo Petrus Kanisius Wonosari pada Selasa (24/12/2019) malam berlangsung aman, tertib dan lancar. Personil gabungan yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan hingga ormas Islam seperti Banser. Pengamanan dilaksanakan sejak sebelum pelaksanaan Misa hingga selesai.

Koordinator Banser di Gereja Katolik Santo Petrus Kanisius, Susilan mengungkapkan pengamanan dari Banser Gunungkidul tersebut dilakukan secara sukarela dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Pihaknya hanya ingin turut andil dalam menciptakan kerukunan dalam bergama.

Advertisement

"Kita harus saling mendukung, umat Kristiani mendukung ibadah umat Muslim, sebaliknya begitupula. Dengan ini kita saling meningkatkan dan menumbuhkan budaya gotong-royong, kerukunan, dan saling berjabat tangan erat agar lebih dekat lagi antar umat beragama," kata dia.

Setidaknya 30 anggota Banser Gunungkidul membantu pengamanan kelancaran perayaan Misa malam Natal di gereja tersebut. Susilan menuturkan salah satu fokus pengamanan Banser guna membantu aparat keamanan dengan pengawasan ketika ada hal yang mencurikan.

"Kalau ada yang mencurigakan dan tidak beres, kami laporkan kepada pihak kepolisian," paparnya.

Hadirnya penjagaan dari Banser menuai reaksi sejuk dari jemaat gereja. Jemaat keluar dengan memberikan salam dan saling berjabat tangan erat. Beberapa jemaat tak mau ketinggalan mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama dengan anggota Banser yang sedang berjaga.

Sementara itu, Perwira Pengendali (Padal) Polres Gunungkidul di Gereja Katolik Santo Petrus Kanisius, Suhardjanto memastikan secara umum keamanan dan ketertiban pengamanan umat saat Misa malam Natal berjalan dengan aman dan lancar. Sedangkan pengaturan lalulintas, tak menuai kendala berarti.

"Untuk situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas disini berjalan lancar dan aman," pungkas Suhardjanto. (Muhammad Nadhir Attamimi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement