Sejumlah Tokoh Hadiri Pemberangkatan Jenazah Yunahar Ilyas di Masjid Gedhe Kauman

Jenazah Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Waketum MUI Pusat Yunahar Ilyas tiba di Masjid Gedhe Kauman, Jumat (3/1/2020). - - Suara/Putu)
03 Januari 2020 13:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ratusan pelayat mengantar jenazah Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Waketum MUI Pusat Yunahar Ilyas ke Masjid Gedhe Kauman, Jumat (3/1/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Pemindahan jenazah dari Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta itu disambut gerimis.

Di Masjid Gedhe Kauman, para pelayat mulai berdatangan. Mereka bergantian melaksanakan salat jenazah untuk mendoakan almarhum.

Sejumlah tokoh Muhammadiyah juga mulai berdatangan untuk melayat. Di antaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sekaligus Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Muchlas MT.

Karangan bunga dari sejumlah pejabat juga tampak berjejer di halaman Masjid Gedhe Kauman. Di antaranya dari Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul serta anggota DPR RI, Sukamta.

Muchlas mengungkapkan, almarhum merupakan sosok ulama bijaksana yang selalu memberikan nasihat-nasihat yang menentramkan. Yunahar disebutnya mampu menyampaikan jawaban atas berbagai persoalan dengan moderatif.

"Beliau sosok orang tua yang sangat melindungi anak-anaknya," ujarnya.

Semasa hidupnya, Yunahar juga dikenal sebagai tokoh yang tidak membedakan umat, dengan keilmuannya yang mendalam. Muchlas mengenal Yunahar selama 20 tahun terakhir.

Bahkan Muchlas juga dilantik sebagai Rektor UAD pada Oktober 2019 lalu oleh Yunahar. Mereka sempat makan bersama sebelum Yunahar jatuh sakit.

"Beliau [Yunahar] sempat menyampaikan, saya adalah salah satu sahabatnya. Ini sebuah kehormatan. Karenanya wafatnya beliau merupakan kehilangan kami baik pribadi maupun institusi," jelasnya.

Sumber : Suara.com