Advertisement

Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga: Prof. Yunahar Ilyas Adalah Cendekiawan yang Ulama

Nina Atmasari
Jum'at, 03 Januari 2020 - 10:27 WIB
Nina Atmasari
Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga: Prof. Yunahar Ilyas Adalah Cendekiawan yang Ulama Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga Beni Susanto. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

 Harianjogja.com, BANTUL-- Keluarga besar Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka yang mendalam atas wafatnya Ustaz Prof Yunahar Ilyas (Ketua PP Muhammadiyah dan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia) pada Kamis (2/1/2020) malam di Jogja.

Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, KH. Beny Susanto mengungkapkan sebagai bagian kecil dari entitas terbesar muslim nusantara dengan paham Aswaja an-Nahdiyah, ia bersaksi bahwa almarhum wafat dengan husnul khotimah, diampuni dosa dan diterima amal baiknya.

Advertisement

“Apalagi beliau bukan hanya cendekiawan tetapi juga sedikit dari jajaran ulama yang dimiliki oleh Perserikatan Muhammadiyah. Banyak cendekiawan, intelektual dan ilmuwan bertebaran dalam perserikatan tetapi tidak banyak yang ulama,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (3/1/2020).

Menurut tokoh yang akrab disapa Gus Ben ini, wafatnya Yunahar Ilyas bukan hanya duka bagi warga Perserikatan Muhammadiyah, tetapi duka juga kaum muslimin, bangsa dan negara Indonesia. Yunahar disebut telah memberikan teladan, perjuangan dan pembangunan untuk bangsa dan negara.

Sejak muda telah aktif sebagai Ketua DPC IMM Kota Padang, Guru Madrasah Muallimin Yogyakarta, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan wafat masih menjabat sebagai wakil ketua umum MUI Pusat bersama Ketua Umum (non aktif) Prof. Dr (Hc) KH. Ma’ruf Amin.

“Selamat jalan dan terima kasih atas teladan dan perjuanganmu. Kami teruskan khidmatmu untuk seluruh bangsa Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Insya Allah kami akan bertemu kembali dengan almarhum sebagai mana pernah terjadi di dunia. Semoga Allah SWT mempertemukan kita dengan penuh karunia, rahmat dan ridhoNya di surge,” kata Gus Ben. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement