Advertisement

PMI DIY Kirim 100 Rompi untuk Bantu Relawan di Jakarta

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 04 Januari 2020 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PMI DIY Kirim 100 Rompi untuk Bantu Relawan di Jakarta Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengirim 100 rompi ke PMI DKI Jakarta pada Jumat (3/1/2020) untuk mendukung personel PMI yang saat ini sedang merespons bencana banjir di wilayah Jakarta.

“Kami mengirim bantuan rompi untuk relawan-relawan PMI di DKI Jakarta yang saat ini sedang merespons bencana banjir. Kami berharap rompi ini mendukung mereka dalam membantu masyarakat. Relawan juga perlu diperhatikan perlindungan dan keselamatannya agar bisa membantu masyarakat”, ungkap Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat.

Advertisement

Gusti Prabukusumo juga menambahkan bahwa masyarakat, pihak swasta atau donatur yang akan membantu penyintas bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi Posko PMI DIY, melalui telepon 0274 5012949 atau melalui rekening Bank Mandiri Kc. Yogyakarta Sudirman an. Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY, No. Rek 137.00074.4959.4.

Sedangkan untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem sepekan tanggal 1-7 Januari 2020 sebagaimana siaran pers BMKG, PMI DIY mengambil beberapa kebijakan di antaranya dengan mengaktifkan Posko PMI se-DIY, menyiapkan sarana prasarana penunjang untuk melakukan respons tanggap darurat terkait musim penghujan yang berpotensi cuaca ekstrem.

“Kami menyiagakan personel terlatih untuk kesiapsiagaan serta melakukan respons awal jika terjadi bencana. Hal ini tentu dibarengi dengan koordinasi baik internal PMI maupun instansi, lembaga terkait serta pihak eksternal lainnya untuk kecepatan respons tanggap darurat”, jelas Arif Rianto Budi Nugroho selaku Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY.

Sementara data PMI Pusat dalam respons tanggap darurat bencana banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Banten (Jabodetabek) per tanggal 2 Januari 2020, PMI telah menerjunkan 409 personel, 10 tenaga kesehatan serta mendistribusikan berbagai bantuan, di antaranya adalah 400 hygiene kit, 200 terpal, 400 sarung, 11 perahu karet, empat alat dapur umum, dua truk engkel, 13 ambulans, 2 kendaraan double cabin serta empat kendaraan operasional.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement