Untuk yang Pertama Kalinya, Donasi Bulan Dana PMI Jogja 2019 Tembus Rp771 Juta

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019, Kombes Pol Armaini (kanan) menyerahkan hasil Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019 pada Pemkot Jogja yang selanjutnya diserahkan pada PMI Kota Jogja, di kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (7/1/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
07 Januari 2020 14:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jogja 2019 resmi ditutup, Selasa (7/1/2020). Dari kegiatan yang telah dimulai sejak Juli lalu tersebut berhasil terkumpul dana sebesar Rp771 juta.

Sekretaris PMI Kota Jogja, Lilik Kurniawan, mengatakan jumlah tersebut menjadi hasil terbesar dari bulan dana yang pernah dilakukan selama ini. “Hasil Bulan Dana kali ini merupakan kali pertama bisa tembus lebih dari Rp500 juta. Dana ini akan digunakan untuk keperluan operasional PMI selama satu tahun," ujarnya saat ditemui di sela-sela penutupan Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019 di Balai Kota Jogja, Selasa .

Sejumlah operasional PMI ini di antaranya pertolongan pertama gawat darurat, transfusi darah, pelayanan ambulans, balai pengobatan, penanggulangan bencana, pemulihan hubungan keluarga, penanggulangan bencana, pembinaan generasi muda, pendidikan, pelatihan dan pendampingan masyarakat.

Meski cukup besar dibanding tahun lalu yang hanya sekitar Rp300 juta, hasil bulan dana ini, kata dia, tetap saja belum menutup seluruh biaya operasional yang totalnya bisa mencapai Rp1,2 miliar setahun.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019, Kapolresta Jogja Kombes Pol Armaini, mengatakan bulan dana merupakan sumber pemasukan utama PMI, sebab tidak ada alolasi khusus dari Pemerintah Daerah untuk PMI. "Meski darah dapat sumbangan dari masyarakat, tapi ada keperluan operasuonal lain yang perlu biaya yang tidak sedikit," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Bulan Dana PMI tahun ini, pihaknya menggunakan mekanisme kupon, yakni di antaranya untuk pelajar SD senilai Rp1.000; pelajar SMP dan SMA senilai Rp2.000; masyarakat umum senilai Rp2.000; PNS golongan I senilai Rp3.000; PNS golongan II senilai Rp4.000; PNS golongan III senilai Rp6.000; PNS golongan IV senilai Rp10.000; perpanjangan STNK motor senilai Rp3.000; perpanjangan STNK mobil senilai Rp5.000; dan perpanjangan SIM senilai Rp5.000.

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, mengapresiasi panitia bulan dana dan seluruh masyarakat yang telah mendukung kebetlanjutan kerja PMI. "Semoga bisa dana ini bisa bermanfaat untuk kemanusiaan," katanya.

Dia berharap masyarakat bisa tetap percaya pada PMI. Begitu juga PMI untuk bisa lebih meningkatkan pelayanannya, agar tercipta sikap saling percaya.