GQ Hotel Ikut Lestarikan Budaya Jawa

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (tiga kanan) menerima kunjungan dari General Manager Grand Quality (GQ) Hotel, Agus Sunaryo (empat kiri) beserta tim, Kamis (6/2/2020). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
06 Februari 2020 15:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Grand Quality (GQ) Hotel berupaya berkontribusi melestarikan kebudayaan Jawa. Hotel bintang empat yang terkenal dengan menu dimsumnya ini selalu menyempatkan diri untuk menyajikan suasana Jawa klasik setiap bulannya.

General Manager GQ Hotel, Agus Sunaryo menjelaskan, setidaknya ada dua kali kegiatan dalam sebulan di mana hotel dan para karyawan harus tampil dengan busana Jawa. "Ada dua Kamis kami tampil dengan pakaian Jawa. Kami sebutnya Kamis Jawa. Jogja juga ada Kamis Pahingan sehingga kami mengikuti," kata Agus saat berkunjung ke kantor Harian Jogja, Kamis (6/2/2020).

Pada Kamis Jawa tersebut, semua karyawan diwajibkan berbicara menggunakan bahasa Jawa krama inggil. Tidak hanya kepada tamu yang datang, tetapi juga saat acara internal seperti meeting. "Ada back sound Jawa gendhing. Minuman aneka kopi, teh poci, wedang jahe, telo goreng [ketela goreng], gedang goreng [pisang goreng] untuk mendukung suasana," katanya.

Menurut Agus, hal tersebut agar tradisi budaya Jawa tetap lestari di tengah kemajuan zaman.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa saat ini GQ Hotel memiliki berbagai program. Di divisi food and beverage (FnB), hotel menyediakan paket Pak Romi atau Paket Rabo dan Kamis. Paket all you can eat ini memberikan kesempatan kepada customer untuk mencicipi hidangan di semua restoran di Hotel GQ hanya dengan Rp100.000.

"Kami juga sedang produksi roti lokal buatan GQ. Nantinya akan dipasarkan ke hotel-hotel bintang satu atau dua," lanjut Agus.

GQ juga sedang menyasar paket pernikahan (wedding package) untuk tamu dari luar negeri yang ingin menggelar pernikahan di Jogja. Hotel menawarkan objek wisata menarik di Sleman sebagai lokasi resepsi. Hal ini dilakukan untuk memasarkan Kabupaten Sleman.

Di tengah maraknya hotel baru di Jogja, Hotel GQ terus berbenah. Dari aspek fisik, GQ melakukan perbaikan seluruh kamar yang ada, area kolam renang, dan berencana mengecat ulang dinding bagian luar. "Fokus 2020 adalah rebranding karena kami terus mempercantik hotel dengan tetap mempertahankan detail yang ada," kata Agus.

Public Relation GQ Hotel Aisha Wai Yasmina mengatakan, sebagai hotel yang dikenal dengan masakan dimsumnya, GQ Hotel kembali menyajikan masakan itu selama 24 jam. "Sekarang dimsum 24 jam lagi di Sabtu dan Minggu," tuturnya.