Begini Nasib Gedung DPRD DIY di Malioboro setelah Kantor Dewan Pindah ke Jalan Kenari

Ilustrasi Gedung DPRD DIY
06 Februari 2020 21:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan segera membangunkan gedung baru untuk DPRD DIY di Jalan Kenari Kota Jogja. Gedung lama yang berada di Jalan Malioboro diusulkan menjadi galeri yang menampung banyak produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DIY.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menjelaskan pihaknya mendukung pemindahan gedung DPRD DIY di Lapangan Kenari Kota Jogja. Untuk gedung lama memang belum ada pembahasan terkait pemanfaatan nantinya. Pihaknya mengusulkan agar bisa dimanfaatkan menjadi galeri yang bisa menampung produk UMKM lokal DIY. Huda menegaskan UMKM lokal perlu mendapatkan tempat premium di kawasan Malioboro, karena sangat jarang mereka bisa menyewa lokasi yang premium di kawasan tersebut.

“Kami mengusulkan agar gedung [DPRD DIY] yang lama ini menjadi semacam galeri produk UMKM lokal, sehingga UMKM ini punya tempat premium di Malioboro. Karena UMKM ini memberikan sumbangan lumayan besar untuk ekonomi di DIY,” katanya

Huda mengatakan pemanfaatan gedung itu bisa dilakukan dengan cukup memoles dengan setting tertentu layaknya galeri. Gedung DPRD DIY tersebut harus dipertahankan sedemikain rupa kondisi fisiknya karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. “Itu bangunan bersejarah, harus dipertahankan cukup di setting kecil saja agar sesuai dengan galeri,” katanya.

Akan tetapi pemanfaatan gedung tersebut menjadi galeri UMKM tetap harus melalui studi kelayakan sebagai dasar bahwa gedung itu cocok sebagai galeri atau tempat berjualan UMKM di tempat yang premium. Studi kelayakan itu bisa dilakukan oleh Pemda DIY melalui dinas terkait. “Kami akan usulkan juga untuk studi kelayakan di perubahan APBD 2020 ini, dari studi ini kan jadi alasan tentang pemanfaatan gedung tersebut,” ujarnya.

Huda menilai pemanfaatn gedung ini sebagai galeri UMKM dinilai sangat sejalan dengan rencana Sri Sultan HB X yang menyampaikan bahwa gedung tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendukung keberadaan Jogja Planning Gallery (JPG) yang akan dibangun di sebelah utaranya. “Itu sejalan dengan pemanfaatan gedung ini untuk galeri, kami mendukung juga usulan itu,” katanya.

Kabid Cipta Karya Dinas PUP ESDM DIY Arief Azazi Zain mengatakan saat ini memang belum ada perencanaan untuk pemanfaatan gedung DPRD DIY yang lama. Sedangkan untuk DED untuk pembangunan JPG di utara gedung dewan itu sudah terselesaikan namun belum ada perintah kapan akan dibangun.

“Belum ada [perencanaan pemanfaatan gedung DPRD DIY jalan Malioboro], kemarin kan baru ditinjau lahan [untuk pembangunan gedung DPRD DIY], jadi kami fokus untuk menyiapkan DED ini dulu,” ujarnya.