KPU Gunungkidul Minta Warga Pantau Rekam Jejak Calon PPK

ilustrasi. - dok
06 Februari 2020 23:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—KPU Gunungkidul berkomitmen mencari calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang benar-benar berkompeten. Oleh karena itu, masyarakat harus terlibat dengan pemantauan rekam jejak para calon.

"Hasil penilaian setelah wawancara akan kami umumkan kepada masyarakat, setelah itu masyarakat bisa memverifikasi atau menanggapi apakah para calon layak atau pantas menjadi anggota PPK," kata Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, saat ditemui Harian Jogja, Rabu (5/2/2020).

Melalui verifikasi tersebut para calon bisa terpantau rekam jejaknya apakah ada keterlibatan dengan partai politik atau tidak. Jika masyarakat memberikan klarifikasi yang memberatkan, maka KPU akan mencoret dan mengganti calon sesuai hasil nilai saat seleksi. “Jika tidak ada masukan dan tanggapan dari masyarakat, maka langsung ditetapkan," ujarnya.

KPU menetapkan hasil tahapan perekrutan anggota PPK di Gunungkidul. Dari 286 pendaftar yang lolos administrasi dan mengikuti ujian, sebanyak 176 pendaftar dinyatakan lulus. KPU menyelenggarakan wawancara pada 8-9 Februari 2020.