Pasar Condongcatur Terancam Tergusur Tol Jogja

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan
09 Februari 2020 07:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pasar Condongcatur (Concat) di Sleman terancam proyek to Jogja-Solo.

Keberadaan pasar tradisional itu belum bisa diputuskan nasibnya apakah bakal dipindah atau tidak. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sleman berencana untuk melakukan komunikasi dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY.

"Kami belum tahu berapa luas lahan pasar yang terdampak. Kami masih dijanjikan bertemu dengan Dispertaru DIY pekan depan. Jadi belum bisa kami putuskan apakah harus pindah atau tidak," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Pedagang Pasar Tradisional Disperindag Sleman, Haris Martapa, Jumat (7/2/2020).

Dijelaskan Haris, pasar yang berdiri di Ring Road Utara, Ngringin, Condongcatur tersebut selama ini dikelola oleh Pemkab Sleman. Luas lahannya sekitar 9.143 meter persegi dan mampu menampung hingga 400 lebih pedagang. Menurutnya, sudah banyak pedagang yang mempertanyakan nasib mereka apakah pindah atau tetap berada di pasar tersebut.

"Keputusan pindah tidaknya pasar itu tergantung berapa luas lahan yang terdampak. Kalau sampai separuhnya, ya mestinya dipindah. Kami tentu saja akan membahas masalah ini," kata Haris.