Jemaah Harus Kantongi Rekomendasi dari Dinkes

Ibadah haji. - REUTERS/Ammar Awad
09 Februari 2020 23:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul mulai mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Haji 2020. Salah satu persiapan dengan pengecekan kesehatan jemaah calon haji.

Kasi Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kemenag Gunungkidul, Zuhdan Aris, mengatakan salah satu persiapan yang dilakukan yakni kesehatan jemaah. “Kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul,” kata Zuhdan, Minggu (9/2/2020).

Menurut dia, rekomendasi sangat penting karena faktor yang paling utama keberangkatan jemaah calon haji adalah kesehatan. “Kalau tidak memperoleh rekomendasi maka calon tidak bisa berangkat,” katanya. Pada Rabu (5/2) tim dari Dinkes telah memeriksa kesehatan jemaah calon haji dan memberikan vaksin meningitis. “Kami masih menunggu hasil rekomendasi secara keseluruhan,” katanya.

Dijelaskan Zuhdan, tes kesehatan hanya menjadi salah satu tahapan persiapan. Ada beberapa proses lain mulai dari persiapan fisik, manasik hingga akomodasi berupa paspor dan visa tinggal selama ibadah berlangsung. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan para jamaah bisa menjalankan ibadah dengan baik,” katanya.