Cuaca DIY Hari Ini: Waspadai Hujan Petir dan Gelombang Tinggi Pantai Selatan

Sejumlah pengunjung bermain di kawasan Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Selasa (11/6/2019). Adanya kenaikan air laut karena gelombang tinggi tidak menyurutkan minat pengunjung untuk menikmati keindahan panorama pantai. /Istimewa - Dokumen SAR Satlinmas Wilayah I DIY
10 Februari 2020 08:47 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memberikan peringana dini akan potensi terjadinya gelombang tinggi di perairan Selatan DIY pada Senin (10/2/2020).

Gelombang tinggi diprediksi mencapai 2,5 hingga 4 meter. Menurut BMKG, angka tersebut masuk kategori tinggi.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman, Kulonprogo Utara, Kota dan Bantul.

Secara keseluruhan, BMKG memperkirakan wilayah Kota Jogja, Sleman dan Bantul terjadi hujan petir di siang hari. Wilayah Wates diprediksi hujan ringan sedangkan Gunungkidul hujan lokal.

Pada malam hari ini, hanya Wates yang diprediksi terjadi hujan lokal. Adapun empat wilayah lain yakni Jogja, Sleman, Bantul dan Gunungkidul diprediksi berawan. Prediksi ini berlaku hingga dini hari.

Suhu udara akan berkisar 23 hingga 32 derajat celcius, dengan kelembaban 55 hingga 95%. Angin diprediksi bertiup dari barat ke timur.