Advertisement

Langit Jogja Cerah Padahal Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Newswire
Sabtu, 18 Januari 2020 - 18:47 WIB
Nina Atmasari
Langit Jogja Cerah Padahal Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG Merapi pun terlihat cantik pada Jumat (17/1/2020). - Ist/ Dok Sugeng Bambang, Pegiat wisata Gunung Merapi (via Detikcom)

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Saat ini Jogja sedang mengalami musim hujan. Namun, cuaca beberapa hari ini cerah meski berada di musim hujan. Langit pun cerah dan suhu terasa panas di malam hari, ada apa?

"Cuaca cerah ini karena adanya pola angin yang menyebar sehingga potensi pembentukan awan kecil," kata Kepala Staklim BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/1/2020).

Advertisement

Berdasarkan pantauan citra satelit Himawari pada 17-18 Januari 2020 tidak terlihat ada awan di hampir seluruh Jawa. Sementara berdasarkan analisis angin di Pulau Jawa menunjukkan pola menyebar atau divergen sehingga mengakibatkan potensi pembentukan awan di Jogja sangat kecil sehingga menimbulkan cuaca cerah.

Soal suhu udara yang panas merupakan efek dari cuaca yang cerah. Sehingga menyebabkan radiasi matahari yang diterima bumi lebih besar.

"Sehingga kondisi ini membuat suhu udara terasa lebih panas," terangnya.

Reni menuturkan kondisi ini merupakan anomali cuaca. Nantinya, kondisi ini akan berangsur normal dalam beberapa hari ke depan.

"Ini hanya anomali cuaca, nanti akan berangsur normal. Kami perkirakan akan berlangsung hingga 21 Januari 2020," sebutnya.

Dia pun mengimbau masyarakat juga menjaga kesehatan di saat anomali cuaca ini. Khususnya saat cuaca panas memperbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

"Diharapkan masyarakat bisa menjaga stamina. Selain itu berhati-hati bila terjadi dehidrasi yang diakibatkan oleh cuaca," jelas Reni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement