Foto Perempuan Mahasiswa UGM Diblur, Pegiat Budaya Sebut Aneh Ini Terjadi di Kampus Negeri

Foto Pengurus Lembaga Dakwah UGM Perempuan Diblur (ist)
11 Februari 2020 18:17 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Foto perempuan pengurus salahs atu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UGM yang diblur, menuai kritik dari berbagai kalangan.

Pegiat kebudayaan dari Jogja, Budhi Hermanto menyoroti maraknya blur foto mahasiswi pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di sejumlah kampus negeri. Menurutnya, hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Komentar tersebut disampaikan oleh Budhi melalui akun Twitter miliknya @budhihermanto. Ia menyoroti banyaknya kampus yang memblur foto mahasiswi pengurus UKM.

"Organisasi pelajar di Muhammadiyah, NU, pesantren juga organisasi mahasiswa di UIN, UII, UMY nggak gitu-gitu amat, pakai blur wajah aktivis atau pegiat yang perempuan," kata Budhi seperti dikutip Suara.com-jaringan Harianjogja.com, Selasa (11/2/2020).

Ia merasa aneh dengan sikap UKM di kampus-kampus negeri tersebut. Menurut Budhi, organisasi kampus tersebut aneh.

"Ini kok organisasi di kampus negeri aneh begitu?" ujar Budhi.

Untuk diketahui, organisasi kemahasiswaan Jamaah Muslim Geografi (JMG) Universitas Gadjah Mada (UGM) memblur semua foto para mahasiswi pengurus organisasinya.

Dalam foto tersebut, tampak foto lima mahasiswa yang tidak diblur. Wajah mereka terlihat jelas. Namun, pada foto mahasiswi pengurus seluruhnya diblur.

Sebelumnya, publik juga dibuat heboh dengan foto mahasiswi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diblur.

Tak hanya BEM FT UNJ saja, BEM Mipa UNJ juga melakukan hal yang sama. Bahkan, foto pengurus perempuan di BEM tersebut diganti dengan anime perempuan muslimah.

Sumber : Suara.com