Desa Kepek Jadi Perintis Desa Bersinar

Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan, membacakan Ikrar Desa Bersih Narkoba bersama perwakilan Paguyuban Kades se-Gunungkidul dalam acara Launching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Selasa (18/2/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
18 Februari 2020 23:17 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menunjuk Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, menjadi Perintis Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Gunungkidul. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyalahgunaan barang haram mulai dari tingkat bawah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DIY, Bambang Wiryanto, mengungkapkan Desa Kepek menjadi Desa Bersinar ketiga di DIY. "Sebelumnya ada dua desa lainnya yakni Desa Condongcatur di Sleman dan Desa Banguntapan di Bantul," kata Bambang saat Talkshow Launching Desa Bersih Narkoba di Balai Desa Kepek, Selasa (18/2/2020).

Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan, meyatakan penunjukan dilakukan karena pada 2015 satu dari 10 dusun di Desa Kepek dicanangkan sebagai wilayah bebas narkoba. "Kami sudah mulai [pencegahan penyalahgunaan narkoba] dari awal," ujarnya.

Dirinya tak menampik Desa Kepek berpotensi terjadi penyalahgunaan narkotika. Oleh karena itu, penunjukan sebagai Desa Bersinar diharapkan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lainnya di Gunungkidul.