Salut, Ratusan Petani Bersihkan Sampah di Selokan Mataram

Petani membersihkan sampah di Selokan Mataram, Jumat (21/2/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
21 Februari 2020 17:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMANā€”Ratusan petani yang tergabung dalam Forum Petani Kalasan menggelar aksi bersih sampah Selokan Mataram di wilayah Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Jumat (21/2/2020).

Aksi tersebut mendapatkan dukungan dari instansi terkait seperti Kecamatan Kalasan, Polsek Kalasan, Koramil Kalasan, pemerintah desa, dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

Ketua Forum Petani Kalasan Janu Riyanto mengatakan upaya bersih-bersih yang dilakukan jawatannya merupakan aksi lanjutan setelah petani dibantu dengan warga menempelkan sebuah spanduk berisikan imbauan kepada warga agar tidak membuang sampah secara sembarangan di Selokan Mataram. "Kami geram akan oknum warga yang membuang sampah secara sembarangan di Sleman. Kami bersihkan Selokan Mataram di seluruh wilayah Kecamatan, dibantu dengan warga, Polsek, Koramil, Kecamatan, Desa, dan BBWSO," ujar Janu, Jumat.

Ke depan, Janu dan jawatannya juga akan menggelar aksi bersih-bersih Selokan Mataram secara berkelanjutan. Dia menyadari aksi buang sampah masih akan terjadi.

Itulah sebabnya, kelompoknya tak henti-hentinya untuk mengimbau warga untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Bahkan sebelumnya dia juga menggelar sayembara, barangsiapa yang menangkap basah pembuang sampah ke Selokan Mataram, akan diberikan hadiah sebesar Rp500.000. "Sayembara juga masih berlaku, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kecamatan, untuk pemasangan pamflet tetap kami pasang namun akan kami rapikan agar enak dipandang," jelasnya.