Alhamdulillah... Laba Kopkar Harian Jogja Meningkat 7%

Perwakilan Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kota Jogja, Sunu Wibowo, menyerahkan NIK Kopkar Harjo, di Kantor Harian Jogja, Jumat (21/2/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
22 Februari 2020 03:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Koperasi Karyawan (Kopkar) Harjo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di kantor Harian Jogja, Jumat (21/2/2020). Kopkar Harian Jogja pada 2019 mampu menghasilkan laba kotor sebesar Rp53,9 juta dan laba bersih sebesar Rp37,2 juta. Jumlah ini meningkat 7% dari tahun sebelumnya.

Ketua Kopkar Harjo, Yudhi Kusdiyanto, menjelaskan pada 2019, Kopkar Harjo menunjukkan kinerja yang bagus, hingga menjadi Kopkar terbaik di Kota Jogja berdasarkan penilaian Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kota Jogja. “Kinerja keuangan secara umum berjalan baik,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan yang menjadi sumber pendapatan Kopkar Harjo, diantaranya bunga pinjaman, sewa angkringan, warung kejujuran, kredit motor, kredit HP, pulsa, outsorsing, administrasi dan lainnya. Pendapatan tertinggi terjadi pada bulan Mei, yakni sebesar Rp8,4 juta.

Ia mengungkapkan dalam warung kejujuran sebenarnya para karyawan sudah jujur, namun kadang lupa mencatatkan transaksinya atau bahkan lupa membayar. Maka ia mengimbau para karyawan untuk selalu ingat mencatat dan membayar. “Kalau tekor keuntungan koperasi berkurang, SHU tidak akan sebanyak yang diharapkan,” katanya.

Sewa angkringan kata dia juga perlu dievaluasi. Awalnya angkringan diadakan untuk mengakomodasi kebutuhan makan karyawan Harian Jogja, tapi ternyata banyak yang membeli makan di luar. Maka ia pun ke depan akan memberi sejumlah inovasi pada angkringan, salah satunya dengan menyediakan wifi agar lebih menarik pelanggan.

Pendapatan usaha kata dia memberi keuntungan cukup signifikan. Maka ia berharap sektor usaha ini bisa terus dikembangkan. Sejumlah pengembangan usaha yang ia rencanakan diantaranya pembuatan souvenir seperti kaos untuk anggota Kopkar Harjo.

Sejumlah pelatihan yang diadakan Dinas Koperasi UKM dan Nakertrans Kota Jogja kata dia, juga menjadi peluang bagi para anggota untuk meningkatkan kapasitasnya. “Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dalam koperasi, tapi juga saat kita bekerja,” kata dia.

Peminpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, mengatakan dari tahun ke tahun, laba Kopkar Harjo senantiasa meningkat. Pada 2020 ini ia berharap laba dapat meningkat dengan prosentase lebih tinggi, yakni 10-20%. "Tidak lepas dari inovasi-inovasi yabg dilakukan pengurus," ujarnya.

Ia melihat sejauh ini kinerja Kopkar Harjo sudah sangat bagus. Ia berharap dengan RAT ini dapat dievaluasi apa yang menjadi kekurangan dan menemukan inovasi baru yang bermanfaat bagi para anggota.