Advertisement

5 DPD II Golkar Dukung Gandung Gantikan Haryadi

Sunartono
Selasa, 03 Maret 2020 - 03:47 WIB
Nina Atmasari
5 DPD II Golkar Dukung Gandung Gantikan Haryadi Pimpinan DPD II Golkar kabupaten dan kota di DIY usai mengambilkan formulir untuk mendaftarkan Anggota DPR RI Gandung Pardiman maju sebagai calon Ketua DPD I Golkar DIY, Senin (2/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebanyak lima Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar di wilayah DIY menyatakan dukungannya terhadap Anggota DPR RI Gandung Pardiman untuk kembali memimpin Golkar DIY melalui Musyawarah Daerah (Musda) X yang rencananya dihelat pada 4 Maret 2020.

Gandung disebut sebagai calon terkuat menggantikan Haryadi Suyuti dan mengklaim telah mendapatkan dukungan delapan suara dari total 11 suara dari internal organisasi di tubuh Partai Golkar DIY.

Advertisement

Ketua DPD II Golkar Sleman Janu Ismadi menyatakan Gandung Pardiman dinilai sebagai sosok tepat yang paling mampu membesarkan Partai Golkar DIY meski pun sebelumnya telah menjabat pada periode 2004 hingga 2016 silam.

Oleh karena itu DPD II Golkar kabupaten dan kota di DIY akan memberikan suaranya terhadap Gandung agar bisa terpilih secara aklamasi. Pihaknya meyakini telah mendapatkan tujuh hingga delapan suara dukungan dari total 11 suara yang dibutuhkan.

"Ini bukan keinginan Pak Gandung, tetapi kami dari kabupaten dan kota sepakat agar beliau bersedia untuk dicalonkan sebagai Ketua DPD Golkar periode 2020-2025 pada Musda X," katanya di Kantor DPD Golkar I DIY, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja, Senin (2/3/2020).

Pihaknya akan melakukan pendekatan pada sejumlah organisasi sayap di internal Partai Golkar DIY yang memiliki hak suara agar bisa memberikan dukungan kepada Ketua DPD I Golkar. Ia berharap jika dukungan menguat maka Musda X akan berjalan cukup melalui aklamasi.

Ditanya soal ketiadaan DPD II kabupaten dan kota tidak meminta Haryadi untuk kembali mempin Golkar DIY, Janu menjawab diplomatis. Ia meyakini Gandung yang juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Golkar DIY itu menjadi sosok yang tepat untuk membuat Golkar DIY menjadi lebih baik.

"Kami yakin sosok beliau bisa membesarkan Partai Golkar dan bisa menambah jumlah kursi di DPRD, misalnya DPRD DIY, dari lima kursi sekarang, ke depan meningkat mungkin bisa sepuluh [kursi]. Karena sebelumnya [Pemilu 2014] sudah delapab kursi [menurun jadi lima kursi di 2019]," katanya dengan didampingi Ketua DPD II dari lima kabupaten dan kota di DIY.

Steering Commitee Musda X Partai Golkar DIY Dedi Suwardi menyatakan pihaknya telah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Ketua DPD I Golkar DIY. Sejumlah syarat antara lain pernah menjadi pengurus di internal Partai Golkar serta mendapatkan dukungan minimal 30% dari total 11 suara. "Tetapi meski pun ada anggota aktif jadi pengurus tetapi kok istrinya menjadi pengurus partai lain, itu tidak bisa," ujarnya.

Adapun total 11 suara tersebut berasal dari lima DPD II Golkar di DIY masing-masing satu suara. Kemudian DPP Golkar satu suara, organisasi yang mendirikan seperti Kosgoro dan MKGR total satu suara, organisasi yang didirikan dalam hal ini AMPI, MDI dan Laskar Ulama total satu suara.

Sedangkan tuga suara lainnya berasal dari DPD Dati I demisioner, Dewan Pertimbangan dan organisasi saya yaitu AMPG KPPG. "Sampai saat ini yang mendaftar baru satu calon, yaitu Bapak Gandung Pardiman," ujarnya.

Dedi menegaskan pelaksanaan Musda X dihelat bukan karena ada desakan Musdalub dari sejumlah pemuda di internal Golkar yang menginginkan Haryadi segera dilengserkan. Tetapi Musda tersebut dihelat sesuai dengan amanah DPP, bahwa tiga bulan setelah Munas harus dilakukan Musda. "Ini Musda reguler, ya memang dipercepat tetapi sesuai amanah Munas," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement