Gudang Penyimpanan Gula Semut di Kulonprogo Diterjang Tanah Longsor

Kondisi rumah yang tertimpa longsoran tanah di Dusun Selo Barat, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kamis (5/3/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
05 Maret 2020 10:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kulonprogo. Kali ini menimpa sebuah rumah di Dusun Selo Barat, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap.

Pemilik rumah, Sumardiono mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (4/3/2020) sekitar pukul 23.30 WIB. Tebing setinggi lima meter yang berada tepat di samping rumahnya longsor dan menimpa salah satu ruangan yang dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan gula semut dan garasi mobil.

"Pas itu sedang hujan deras mas, saya yang lagi tidur kaget dengar suara benda terjatuh yang sangat keras sebanyak dua kali, saya langsung cek sumber suara, ternyata tanah longsor," ujarnya ditemui awak media, Kamis (5/3/2020).

Longsoran material tanah itu menyebabkan tembok rumahnya ambrol. Terdapat dua lubang menganga cukup lebar. "Ini peristiwa pertama mas, sebelumnya belum pernah kaya gini, mungkin karena faktor hujan deras semalam," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp20 juta.

Lurah Hargorejo, Adi Purnomo langsung melaporkan peristiwa itu kepada pihak berwajib. "Kami berupaya untuk bisa memberi bantuan lewat pihak-pihak terkait," ujarnya.