Dikabarkan Ada Pasien Diisolasi, Dinkes Tunggu Laporan dari RSUD Wonosari

Foto Ilustrasi. - Reuters
10 Maret 2020 21:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—RSUD Wonosari dikabarkan merawat dan mengisolasi pasien dengan gejala penyakit mirip dengan penderita virus Corona atau Covid-10. Saat wartawan mencoba konfirmasi ke petugas berwenang di RSUD Wonosari, salah seorang petugas menginformasikan jika pejabat berwenang tengah rapat.

Seorang Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID), Sumartono, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp hanya menjawab singkat. "Maaf, tidak ada [ada pasien terduga Covid-19 sedang diisolasi di RSUD Wonosari]," tulis Sumartono, Selasa (10/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawaty, saat dikonfirmasi menyatakan jajarannya belum menerima informasi secara resmi dari RSUD Wonosari. "Saya baru mendapat informasi seperti teman-teman wartawan juga, masih “katanya”, jadi kalau ditanya soal itu saya belum bisa menjawab apa-apa karena sampai siang ini [Selasa] belum ada laporan resmi," kata Dewi saat ditemui wartawan, Selasa.

Dewi mengaku sudah meminta konfirmasi ke RSUD Wonosari terkait dengan informasi itu. Jika memang ada pasien yang diisolasi dia meminta pihak rumah sakit segera melapor. "Kami harus proaktif untuk meminta pembenaran, saya sudah menghubungi [RSUD Wonosari], kalau benar ada yang dirawat atau diisolasi, saya minta informasi resmi," kata Dewi.

Dijelaskan Dewi, sesuai standar operasional prosedur (SOP) di bidang kesehatan, jika ada pasien yang dirawat di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan lain dan memiliki potensi wabah dan kejadian luar biasa (KLB), maka harus segera dilaporkan ke Dinkes.

"Secara prosedural harus segera melapor. Segala penyakit yang berpotensi mewabah dan KLB wajib segera melaporkan ke Dinas Kesehatan kurang dari 24 jam sejak dinyatakan suspect," katanya.